Vegetarian adalah seseorang yg menjalankan pola makan dgn tidak mengkonsumsi protein hewani. Vegetarian memiliki 4 tingkatan yaitu semi vegetarian,lakto vegetarian,lakto ovo vegetarian,dan vegan. Semi vegetarian adalah vegetarian yg masih mengkonsumsi makanan atau produk hewani,tetapi sebagian besar masih mengkonsumsi produk nabati seperti kacang2an,buah dan sayuran. Kalau lakto vegetarian yaitu vegetarian yg masih mengkonsumsi susu dan produk susu. Sedangkan lakto ovo vegetarian yaitu vegetarian yg masih mengkonsumsi telur dan susu atau produk2 yg terbuat dari telur dan susu. Lalu tingkatan terakhir adalah vegan,merupakan vegetarian yg tidak mengkonsumsi daging,telur,ikan,susu atau tidak mengkonsumsi sama sekali produk hewani dan hanya mengkonsumsi protein nabati seperti kacang2an,sayuran,dan buah.

Vegetarian yg paling baik adalah lakto ovo vegetarian karena masih mengkonsumsi telur dan minum susu. Sebab putih telur merupakan sumber protein paling lengkap asam aminonya. Begitu pula dgn susu yg merupakan sumber protein yg baik dan memiliki kandungan kalsium. Vegetarian yg memilih utk vegan,murni hanya mendapatkan protein nabati saja dan tidak mendapatkan protein hewani. Padahal protein sangat dibutuhkan oleh tubuh utk mengganti sel2 yg rusak dan menjaga metabolisme tubuh.

Protein memiliki aturan baku dalam membentuk asam amino lengkap dalam tubuh. Tetapi apabila pd tubuh kurang salah satu asam amino,maka otot tidak dapat dibentuk. Utk itu vegetarian perlu mengkonsumsi produk hewani karena produk itu memiliki asam amino yg lebih lengkap daripada nabati utk membentuk protein dalam tubuh. Sumber protein nabati yg bagus adalah berbagai jenis kacang2an seperti almond,hazelnut,kedelai,dan lainnya,juga jamur. Selain itu beras juga memiliki protein yg mengandung amino yg berbeda dari kacang2an tetapi masih kurang lengkap dan tidak mencukupi. Kacang2an adalah sumber protein nabati sedangkan sayuran dan buah adalah sumber vitamin dan mineral. Jadi apabila ada orang yg hanya mengkonsumsi sayuran maka akan mengalami kekurangan protein.

Jadi kelemahan vegan adalah kurang lengkapnya asam amino yg diperoleh. Maka dapat dibayangkan betapa sulitnya membentuk protein dalam tubuh karena asam amino yg diperoleh tidak selengkap protein hewani. Para vegan harus mengkonsumsi produk protein nabati secara lengkap dari nabati lainnya. Misalnya dari berbagai macam kacang2an utk mendapatkan asam amino lain. Apabila hanya 1 jenis maka protein akan kurang.

Kelebihan vegetarian karena tidak mengkonsumsi daging merah,ayam,dan seafood yg memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Selain itu,terhindar dari kegemukan dan dapat mengurangi resiko2 penyakit seperti jantung,kanker dan diabetes. Tetapi bagi para vegan,akan memiliki otot yg mengecil karena sehingga tubuh akan sulit awet muda karena otot pun harus tetap terjaga.

Pola makan yg sehat harus memiliki sumber karbohidrat sebagai sumber tenaga,sumber protein yg seimbang antara protein nabati ataupun hewani karena gabungan keduanya lebih baik utk pembentukan protein dalam tubuh,sumber lemak dan terakhir memiliki sumber vitamin dan mineral.

0 comments to “Vegetarian”