Konjungtivitis berarti adanya peradangan pd konjungtiva,yaitu selaput bening yg menyelimuti bagian putih pd mata dan melapisi bagian dalam kelopak mata. Pd prinsipnya,tiap peradangan pd konjungtiva dapat menyebabkan melebarnya pembuluh darah. Pelebaran inilah yg menyebabkan mata terlihat merah.

Peradangan dibagi 2,yaitu akibat infeksi dan non infeksi. Infeksi bakteri antara lain dari spesies Staphylococcus sp.,Clamydia sp.,dan Neisseria sp.,serta berbagai virus dapat menyebabkan konjungtivitis. Peradangan akibat proses non infeksi antara lain disebabkan oleh alergi,adanya iritasi akibat benda asing,misalnya pd pemakai lensa kontak. Peradangan juga bisa terjadi akibat penggunaan obat2an mata tertentu. Pd bentuk yg lain,mata merah juga dapat terjadi akibat adanya perdarahan di bawah konjungtiva.

GEJALA

Konjungtivitis dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Selain menimbulkan kemerahan pd bagian putih mata dan rasa mengganjal ketika menutup mata,gejala lainnya juga dapat timbul tergantung dari penyebab. Pd konjungtivitis akibat infeksi bakteri,mata merah timbul secara akut disertai dgn sedikit nyeri. Yg menonjol adalah adanya kotoran mata yg banyak,kental kekuningan,dan seringkali lengket,terutama ketika bangun tidur di pagi hari. Pd konjungtivitis akibat virus,biasanya mata juga mengalami nyeri dan mudah keluar cairan encer jernih. Penderita juga merasakan sedikit pegal2,nyeri sendi dan otot,serta nyeri kepala. Bila terjadi akibat proses alergi,biasanya tidak ada rasa nyeri namun mata menjadi sangat gatal. Cairan yg keluar umumnya jernih,kental,dan lengket.

Satu atau kedua mata dapat terkena. Pd konjungtivitis akibat infeksi,awalnya hanya satu mata yg terkena. Namun karena mudah menular,dgn cepat mata yg lain juga sakit. Pd kasus tertentu,konjungtivitis dapat menjadi lebih parah. Keparahan antara lain ditandai dgn pandangan menjadi buram. Pd keadaan ini sebaiknya penderita segera berkonsultasi ke dokter ahli mata.

PENULARAN

Penularan hanya bisa terjadi pd konjungtivitis yg disebabkan infeksi. ANGGAPAN KONJUNGTIVITIS MENULAR MELALUI PANDANGAN MATA TIDAKLAH BENAR. Baik bakteri atau virus memang dapat menular dgn mudah namun tidak semudah melalui saling memandang.

Sumber penularan adalah cairan yg keluar dari mata yg sakit yg mengandung bakteri atau virus penyebab. Lantaran gatal atau rasa tidak nyaman di mata,disengaja atau tidak,penderita seringkali menggosok atau mengusap mata dgn tangan. Bila tidak segera dicuci dgn sabun,tangan yg terkontaminasi cairan infeksi ini dapat menjadi media penularan. Melalui jabat tangan misalnya,tangan orang lain dapat tertular dan kuman masuk ke mata bila tangan itu kemudian memegang atau menggosok mata. Bisa pula melalui cara tidak langsung,misalnya tangan yg terkontaminasi memegang benda yg kemudian terpegang juga oleh orang lain. Cara terakhir yg paling sering terjadi di tempat2 umum seperti bis kota,pusat perbelanjaan,dan tempat2 ibadah.

Penggunaan kosmetik utk mata secara bergantian dgn penderita juga dapat menjadi media penularan,misalnya eyeliner,eye shadow,atau maskara. Demikian juga dgn penggunaan tissue,sapu tangan,dan handuk. 1 BENDA YG SERING MENJADI MEDIA PENULARAN ADALAH UANG KARENA SETIAP ORANG BERULANG KALI BERSENTUHAN DGN ALAT PEMBAYARAN INI SETIAP HARI. Bila pernah terkontaminasi virus atau bakteri penyebab konjungtivitis dan kemudian tanpa sengaja tangan yg memegang uang tersebut mengusap mata,maka kemungkinan terjadi konjungtivitis sangat besar. Penularan di tempat praktik dokter pun bisa terjadi,misalnya melalui peralatan periksa mata yg dipakai bergantian tanpa dibersihkan.

PENANGANAN

Berkonsultasilah dgn dokter segera setelah mengalami mata merah. Bila tanda gejalanya sesuai konjungtivitis akibat virus,biasanya dapat membaik dgn sendirinya dalam waktu sekitar 1-2 minggu. Pd konjungtivitis yg disebabkan bakteri,dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik tetes. Bila karena alergi,maka prinsip utama pengobatan adalah mencari dan menghindari penyebabnya. Selain itu dokter juga akan memberikan berbagai obat anti peradangan. Utk memberi rasa nyaman pd mata,cobalah mengompres mata yg sakit dgn handuk yg dibasahi. Gunakan air dingin utk konjungtivitis akibat alergi dan virus,atau air hangat utk konjungtivitis akibat infeksi bakteri.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Mata Merah (Konjungtivitis)”