* Segala sesuatu yg dilakukan dgn mengikutsertakan Tuhan akan tumbuh menjadi kebaikan.

* Dalam berdoa,sebisa mungkin hindarilah mendikte Tuhan. Belajar ikhlas dan pasrahkan segala rencana-Nya.

* Hiduplah sederhana dan saling membutuhkan sehingga membuat jiwa merasa tidak pernah kekurangan.

* Tangan merupakan modal penting utk menjaga kesehatan fisik oleh sebab itu segala sesuatu yg dimakan harus bersih dgn selalu mencuci tangan sebelum makan.

* Islam mengajarkan bahwa beraktivitas dan olahraga yg baik diantaranya adalah dilakukan dgn senang hati.

* Makanan yg sudah masuk ke dalam tubuh harus diolah menjadi energi karena bila energi mandek akan menjadi penyakit.

* Letakkan tanganmu di atas maka derajatmu menjadi lebih tinggi. Memberi dan berbagi merupakan kebahagiaan tersendiri.

* Belajarlah mencipta karena mencipta akan menghasilkan pengertian yg akan menjadi modal dan bekal bagi kehidupan.
* Filosofi kandang : merupakan simbol pembebasan,tempat menumpahkan cinta. Kandang tanpa isi binatang peliharaan merupakan cinta yg membebaskan dalam arti positif.

* Bebaslah dalam berekspresi karena akan membuat setiap pembuluh di dalam tubuh mengalirkan darah dgn lancar dan setiap sel mendapat makanannya masing2 sehingga tercipta rasa bahagia yg menyehatkan batin.

* Filosofi jurang : merupakan penghubung dataran tinggi dan rendah. Jurang menghubungkan perbedaan yg berarti baik kaya atw miskin harus bisa berbaur dan saling berbagi.

* Filosofi doang : artinya bukan apa2. Kandang jurang doank merupakan sekolah tanpa pamrih yg bertujuan agar bermanfaat bagi banyak orang.

* Orang yg dicintai Tuhan harus melalui 3 tahap :
1. Orang yg dikaruniai kesehatan dan rejeki yg cukup lalu beramal shaleh.
2. Merupakan tempat orang2 beruntung karena ketika dititipi harta oleh Alloh maka dimanfaatkan utk membantu orang lain.
3. Merupakan tempat orang2 yg selalu diridhoi Alloh karena dimana pun kakinya berpijak maka dia mau membagi ilmunya kpd orang lain. Inilah orang2 yg menjadi guru sejati.

* Lakukanlah perubahan hidup seperti bola salju : menggelinding dari atas lalu turun ke bawah dan perlahan2 menjadi besar dan padat. Perkaya jiwa dgn pengalaman,ilmu,kepekaan emosional dan spiritual.

* Rasa bosan akan menyeret seseorang ke dalam suasana tidak produktif bahkan stres dan stres merupakan penyakit. Obat yg ampuh adalah memperluas silaturahmi.

* Dalam berteman,dgn segala kelebihan dan kekurangan mereka,akan ditemukan 99 sifat2 Alloh (asmaul husna) dan tentu saja pelajaran baru.

* Dgn banyak menemui orang yg mendapatkan cobaan jauh lebih berat,maka akan menjadikan seseorang lebih bersyukur dan memacu semangat utk terus berkarya.

* Kebebasan yg bertanggung jawab adalah kebebasan yg disertai dgn ilmu.

* Hiduplah dgn teratur sehingga bisa seimbang dan menghasilkan kesehatan lahir dan batin. Hidup teratur juga merupakan perlakuan adil terhadap diri sendiri yg harus dilakukan sebelum berlaku adil pd orang lain dan lingkungan.

* Seseorang berbuat adil jika menuruti aturan Tuhan. Alloh menciptakan alam seisinya dgn tujuan tertentu salah satunya penciptaan malam dan siang. Jadi malam hari harus menikmati tidur dan pagi hari menikmati aktivitas.

* Utk menjemput perubahan harus ikhlas dalam berbagi. Perubahan akan menambal setiap celah kekurangan dalam perjalanan hidup seseorang.

* Dgn belajar,memperbaiki diri,dan sebisa mungkin berbuat utk kemaslahatan umat akan membuat seseorang sehat lahir dan batin.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Ilmu dari Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma”