Selama ini banyak persepsi salah tentang sedot lemak,antara lain anggapan melakukan sedot lemak dapat mengatasi kegemukan. Terapi sedot lemak bukanlah utk terapi penurunan berat badan,tetapi perbaikan kontur (bentuk) tubuh. Sedot lemak merupakan pengurangan jumlah lemak di bawah kulit dgn tenaga vakum sehingga proporsi tubuh menjadi lebih baik. Lemak yg dapat dikurangi antara lain adalah pd bagian wajah (sangat terbatas),pinggang,pinggul,dan betis. Bagian yg paling sering diminati utk disedot adalah bagian perut,bagian paha (sisi luar/dalam),lengan,leher,dan punggung.

PRASYARAT DAN PERSIAPAN OPERASI

Pasien haruslah mempunyai berat badan yg stabil selama 6 bulan,menghargai diri sendiri dan berpandangan positif,serta realistis. Biasanya pasien adalah orang dewasa yg ingin membentuk tubuh pd bagian yg sulit dibuang lemaknya,setelah tidak berhasil dgn diet dan olahraga. Lemak tubuh pasien harus berada minimal dalam kisaran 30% dari berat badan idealnya dan memiliki kulit yg kenyal,elastis serta memiliki otot yg kekenyalannya baik.

Persiapan operasi meliputi pemeriksaan fisik bagian tubuh yg akan dioperasi dan organ2 vital lainnya. Sebaiknya pasien berhenti merokok dan minum alkohol selama 2 minggu sebelum operasi. Konsumsi suplemen yg mengandung ginkobiloba,ginseng,vitamin E,garlic (bawang),pien tse huang dan obat2an pengencer darah juga harus dihentikan. Pasien harus mendiskusikan keinginan dan tujuannya melakukan sedot lemak dgn dokter bedah plastik yg menanganinya agar dokter tersebut mengetahui keinginan pasien dan dapat diperkirakan perlunya rawat inap/tidak karena area tubuh yg akan disedot mempengaruhi jenis pembiusan (lokal atau bius total) dan masa perawatan.

PROSEDUR OPERASI

1. Pasien akan dibius (anetesi) utk menghilangkan rasa nyeri.
2. Dokter akan melakukan insisi (sayatan) sekitar 6-8 mm sebagai tempat memasukkan alat dan prosedur tumescent (pengisisan dgn cairan).
3. Kemudian dokter memasukkan cairan steril ke dalam jaringan lemak agar mengurangi perdarahan serta nyeri.
4. Sebuah tabung kecil berongga (kanula) dimasukkan melalui sayatan yg telah dibuat tadi dan digerakkan maju mundur utk membebaskan jaringan lemak dari jaringan sekitarnya.
5. Seperti halnya penggunaan vakum cleaner sebagai pembersih debu,lemak yg dilepaskan akan dihisap keluar oleh mesin vakum yg terhubung dgn kanula. Teknik penyedotan dapat dilakukan secara standar (manual) atau dapat dibantu dgn tambahan USG,laser,tenaga vibrasi,atau tenaga elektris.

PASCA OPERASI

Setelah pasien tersadar dari bius dan operasi telah sukses dilaksanakan,maka dokter akan meminta pasien utk menggunakan pressure garments yg menutupi area liposuction dan diperbolehkan pulang pd hari yg sama atau dirawat inap,tergantung dari besar kecilnya operasi. Tubuh akan terlihat memar dan bengkak sebagai keadaan yg wajar setelah operasi. Setelah 2 minggu dari hari dioperasi,memar akan hilang. Tubuh yg membengkak membutuhkan waktu lebih lama,mencapai 2-3 bulan. Pasien harus banyak istirahat dan baru boleh bekerja setelah 7-10 hari pasca operasi.

Janganlah beranggapan bahwa setelah operasi maka bentuk tubuh sudah baik lalu menyepelekannya. Pasien harus menghargai diri sendiri,diet dgn mengubah pola hidup lebih baik dan rajin berolahraga 3-4 kali seminggu. Memperhatikan dan menjaga keseimbangan asupan makanan dan minuman dgn kalori yg dibakar.

KOMPLIKASI

Komplikasi yg dapat terjadi adalah :
- bentuk tubuh menladi tidak rata,
- kulit menggelambir setelah jaringan lemak berkurang,
- kerusakan saraf dan kulit,
- pigmentasi,
- perdarahan,
- nyeri dan cedera organ dalam rongga perut.

Sekedar mengingatkan,yg berhak melakukan sedot lemak adalah dokter spesialis bedah. Jangan percayakan tubuh Anda dieksekusi yg bukan ahlinya,seperti di salon2 kecantikan. Salah2 tubuh Anda dapat menjadi cacat atau bahkan mengalami kematian.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Sedot Lemak (Liposuction)”