Tidak benar apabila seseorang tertarik dgn perempuan yg lebih tua usianya disebut oedipus complex atau malah kelainan jiwa. Pd dasarnya hubungan ini sama seperti hubungan lainnya yaitu dgn yg lebih muda atau dgn yg sebaya. Oedipus complex digunakan utk menjelaskan suatu tahapan yg akan dilewati seorang anak pd masa perkembangannya. Oedipus complex hanyalah sebuah konsep dari ahli psikoanalis,Sigmund Freud,yg ingin menunjukkan adanya konflik dalam diri seorang anak laki2 ketika menjalani tahapan perkembangannya (saat usia 3-5 tahun).

Freud meyakini si anak mencintai ibunya dan melihat sang ayah justru sebagai kompetitor dalam mereguk kasih sayang ibu. Menurutnya,rasa cemburu anak lelaki terhadap ayahnya bercampur dgn perasaan takut. Oleh karena itu anak berusaha meredam perasaan cintanya pd sang ibu dan sebagai gantinya melakukan identifikasi dgn ayah. Nama oedipus sendiri diambil dari mitos Yunani tentang oedipus yg tanpa sadar membunuh ayahnya dan menikahi ibunya. Ketika akhirnya diketahui,sang ibu bunuh diri dan oedipus membutakan matanya sendiri. Pd anak perempuan,ada nama khusus utk ini,yaitu elektra complex. Intinya sama,di bawah alam sadarnya,si anak perempuan terobsesi dgn sosok ayahnya dan di masa dewasanya nanti,hasrat utk mendapatkan kasih sayang dari ayahnya dia alihkan kepada pria umumnya.

PENGARUH OEDIPUS COMPLEX

Sebagian besar orang menilai oedipus complex/electra complex sebagai kelainan. Namun sekali lagi itu adalah sebuah konsep. Anak yg gagal mengidentifikasi,biasanya akan memiliki ketergantungan/kelekatan yg besar dgn ibu dan menganggap ibunya sebagai figur ideal. Hal itu seringkali mengganggu hubungan anak dgn perempuan lain saat mereka dewasa.

Inilah beberapa pengaruh oedipus complex yg mungkin bisa terjadi :
1. Terobsesi dgn sosok ibu.
Beberapa orang akan terobsesi mencari pasangan yg memiliki kemiripan dgn orangtuanya. Bisa dari segi usia,kemiripan wajah,sifat,dan lainnya. Hal ini bisa terjadi baik secara sadar maupun tidak sadar karena telah tertanam didirinya.

2. 'Anak Mami'
Istilah ini biasanya mengacu pd anak laki2 yg meski telah dewasa tetap tidak dapat 'lepas' dan mandiri dari ibunya. Segala keputusan dan pilihan hidup dipengaruhi sang ibu. Bahkan setelah menikah pun,ibunya masih memiliki pengaruh yg sangat besar dalam kehidupannya.

Ada hal penting yg bisa ditarik dari konsep Freud tersebut,anak harus bisa belajar bahwa kasih sayang ibu tidak hanya utk dirinya tetapi juga terbagi pd ayah (dan juga anak yg lain apabila ada) sehingga dia bisa belajar mandiri atau memisahkan identitas pribadinya dari ibu. Apabila anak gagal utk memisahkan diri dgn ibunya maka anak akan terus bergantung dgn ibunya dan menjadi tidak mandiri.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Oedipus Complex”