Terapi bedah lipat lambung ditujukan utk orang yg mempunyai berat badan berlebih (obesitas). Manfaat dari operasi ini selain utk menurunkan berat badan,secara otomatis pula menurunkan beban jantung,paru dan ginjal,serta yg paling penting adalah nilai estetik dari tubuh yg ideal. Terapi ini terbagi menjadi 3 macam yaitu gastric bypass,gastric pacing,dan gastric banding.

Tingkat keberhasilan dari operasi bedah lambung masih <50%. Maksudnya adalah,penurunan berat badan bukan langsung terjadi karena operasinya saja,tetapi pasien juga harus konsisten mengikuti aturan diet yg berlaku. Dgn terapi bedah ini maka lambung pasien menjadi lebih kecil,sehingga pasien akan cepat merasa kenyang dan pengosongan makanan pun akan berlangsung perlahan. Pasien tidak akan merasakan lapar hingga beberapa jam,kalaupun dipaksakan makan,dia akan merasa penuh dan muntah. Akibatnya,keinginan makan bisa dikendalikan dan lambat laun berat badan akan turun.

Ada pasien tertentu yg tidak diperbolehkan menjalankan prosedur bedah lipat lambung,yaitu pasien diabetes disertai keluhan sering lelah. Selain itu juga sangat tidak dianjurkan pd orang yg mempunyai berat badan normal karena akan berbahaya. Utk menjalani operasi ini,selain dilakukan pemeriksaan kesehatan yg meliputi tekanan darah,jantung,dan kolesterol,pasien juga harus mempersiapkan diri secara psikologis. Pasien harus sudah memantapkan niatnya utk mengikuti operasi ini,mengubah pola hidupnya termasuk pola makan dan minumnya. Perawatan pasien yg menjalani operasi ini pd umumnya sama dgn operasi besar lainnya,namun yg membedakannya adalah dietnya harus diatur. Diet dalam arti pasien harus makan makanan yg mempunyai kalori,protein,vitamin dan mineral secukupnya dan jangan berlebih.

Operasi tersebut akan menimbulkan risiko seperti infeksi,perdarahan dan gangguan pencernaan lainnya. Bisa juga terjadi hipoglikemi (kadar gula darah menurun di bawah normal) karena masukan makanan akan berbeda dari sebelumnya,padahal kebutuhan tubuhnya masih besar. Utk mengatasinya,dokter harus siap dgn memberikan penanganan yg lain. Reaksi pasca operasi memang dapat timbul,namun bila sudah dipersiapkan dgn baik maka tentu tidak akan terjadi hal yg membahayakan. Pasien juga tidak perlu melakukan pantangan makanan,hanya saja makannya jangan berlebih dan harus cukup mengandung kalori,vitamin protein,dan mineral,yg paling penting empat sehat lima sempurna.

Setelah berat badan pasien turun banyak pasca operasi bedah lambung,pasien dianjurkan ke dokter spesialis bedah plastik utk menjalani operasi pengurangan kelebihan kulit yg berlipat2 sebagai pengaruh dari gemuk ke kurus. Teknik operasinya didasarkan dari bagian yg akan dibuang,bisa dari lengan,paha,perut atau lainnya.

0 comments to “Operasi Pengecilan Lambung (Bariatic Surgery)”