1. ZONE DIET

- Penemu : Dr. Barry Sears,berprofesi sebagai ahli biokimia.
- Aturan : Komposisi makanan dgn hitungan 40% protein,30% lemak,dan 30% karbohidrat. Anda bisa makan 1/2 piring sayur,1/4 makanan berprotein,dan 1/4 lagi makanan dari biji2an (gandum,beras). Hindari makanan berkarbohidrat tinggi.
- Kekurangan : Jika hanya 40% karbohidrat yg dikonsumsi setiap kali makan,bukanlah jumlah yg cukup bagi individu yg aktif. Akibatnya diet itu membuat cepat lelah dan lemas. Pola tersebut menyebabkan seseorang menjadi terlalu mempertimbangkan jenis makanan yg mereka konsumsi sehingga melewatkan zat2 gizi dari makanan lain yg belum tentu ditemui di menu zona diet. Bagi usia pertumbuhan dan orang2 dgn aktivitas tinggi,diet ini mungkin tidak pas. Beda halnya utk kondisi usia tertentu yg aktivitas fisiknya mulai menurun atau orang dgn aktivitas fisik yg sedikit,maka bisa mengurangi karbohidrat lebih sedikit dari patokan yg ada (60-70%).

2. ATKINS DIET (DIET TINGGI PROTEIN)

- Penemu : Dr. Robert Atkins
- Aturan : Hindari mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk apapun seperti roti,kue ataupun pastry,bahkan beras,kentang maupun mie. Sebagai gantinya,konsumsi protein dan lemak seperti keju,daging,telur,dan mentega.
- Kekurangan : Mengurangi asupan karbohidrat dan mempertinggi konsumsi protein yg akan memperberat kerja ginjal. Diet ini tidak boleh dilakukan pasien dgn fungsi ginjal yg buruk. Orang dgn aktivitas tinggi juga tidak disarankan utk mengikuti pola diet ini. Minimnya asupan karbohidrat tidak bisa mengimbangi tingginya aktivitas seseorang. Efeknya,timbul rasa lemas dan mudah lelah karena kekurangan sumber energi dari karbohidrat. Diet ini juga tidak boleh dilakukan anak2 karena bisa mempengaruhi masa pertumbuhannya.

3. DIET TIPE GOLONGAN DARAH

- Penemu : Dr. Peter J. D'Adamo,ahli naturopati
- Aturan : Semua makanan yg cocok dgn golongan darah masing2. Misalnya,orang bergolongan darah O dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi protein tp rendah karbohidrat,seperti daging merah dan seafood. Orang dgn golongan darah A,dianjurkan menjadi vegetarian,atau hanya mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Orang bergolongan darah B bisa mengkonsumsi makanan lebih variatif. Adapun mereka yg bergolongan darah AB sebaiknya menerapkan pola makanan gabungan antara golongan darah A dan B.
- Kekurangan : Teori ini dianggap banyak ahli gizi tidak didukung oleh penelitian ilmiah. Penelitian ini pun belum dibuktikan oleh ahli lain. KESIMPULAN Diet memiliki makna sebagai pengaturan makan. Sayangnya seringkali diet dianggap sebagai upaya penurunan berat badan saja. Bahkan,tidak jarang diet yg tidak teruji secara klinis dilakukan dgn harapan mencapai titik target turunnya berat badan. Padahal kembali lagi,perlu diingat,diet yg benar dan aman adalah diet yg seimbang nilai gizinya sesuai rujukan para dokter spesialis gizi klinik atau ahli gizi.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “3 Diet Populer”