KARAKTERISTIK DNA SEL KANKER.

Perbedaan utama antara sel kanker dan sel normal adalah :
1. Sel kanker tidak mematuhi batas pertumbuhan sel yg biasa karena sel tidak membutuhkan semua faktor pertumbuhan yg sama,yg dibutuhkan utk menyebabkan pertumbuhan sel yg normal.
2. Sel kanker jauh kurang melekat satu sama lain dibandingkan sel normal. Oleh karena itu,sel kanker memiliki kecenderungan dapat mengembara di seluruh jaringan,memasuki aliran darah,dan diangkut ke seluruh tubuh dan akan membentuk bibit utk sejumlah pertumbuhan kanker yg baru.
3. Beberapa kanker menghasilkan faktor angiogenik yg menyebabkan banyak pembuluh darah baru tumbuh ke dalam jaringan kanker sehingga mensuplai makanan yg diperlukan utk pertumbuhan sel kanker.

MENGAPA SEL KANKER MEMBUNUH ?

Jaringan kanker berkompetisi dgn jaringan normal utk makanan. Karena sel kanker terus berproliferasi (membelah diri) utk jangka waktu yg tidak terbatas,jumlah sel kanker bertambah setiap hari,sel kanker membutuhkan segera semua makanan yg tersedia utk tubuh dan utk bagian penting tubuh. Akibatnya, jaringan normal secara bertahap mengalami kematian akibat kekurangan makanan.

2 comments to “Sekelumit Tentang Sel Kanker”

  1. Hallo Mbak Maylyssa :-) Salam kenal aja ya.. Pembahasannya bener-bener asyik ni Mbak May..
    Boleh nambahin dikit gak (kl salah2 dikit mohon di revisi tp kalo salah semua di delete aja ya, hihii..) Mmm,, Aku mo pake bahasa yang simpel aja..

    Sel Kanker
    Kanker dalam pengertian mudahnya adalah PERTUMBUHAN sel yang abnormal. Kanker disebut TUMBUH dan bukan sekedar membesar. Sedangkan sel yang membesar, kita lebih sering menyebutnya TUMOR, lalu kapan ia kita sebut kanker? Saat sel atau tumor tersebut TUMBUH!

    Contoh, thyroid membesar, maka ia kita sebut tumor. Lalu kapan ia menjadi kanker? Jika kanker thyroid itu TUMBUH dan berinvasi.

    Kanker dalam pertumbuhannya, pergerakannya seperti "Deret Ukur", sedangkan obat-obatan gerakannya seperti "Deret Hitung". Nah, kalo kanker pertumbuhannya dari 1 menjadi 2 dan dari 2 menjadi 4, sedangkan obat-obatan dari 1 menjadi 2 dan dari 2 menjadi 3.

    Dengan kata lain, dengan 1 kali lompatan kanker, kita udah ketinggalan separo. Gimana lagi kalo yang terdeteksinya kelamaan ya, sereeeem..

    Kanker juga, seperti yang Mbak May bahas diatas, membutuhkan makanan untuk dapat mempertahankan dirinya. Mereka mendapat pasokan makanan melalui aliran darah.

    Seandainya (berandai-andai nih) tubuh kita mempunyai suatu mekanisme yang sangat bagus untuk "memotong" suplay darah ke sel-sel kanker, maka kita akan dapat menciptakan suatu proses canibalism di dalam sel kanker itu sendiri. Mereka akan saling makan satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya. Namun ini hanyalah salah satu cara, dan bukan satu-satunya.

    Inti dari permasalahan ini adalah kegagalan SISTEM TUBUHh kita dalam melakukan KONTROL.

    Sel itu kan mempunyai umur juga seperti manusia. Ketika sutu sel tubuh kita rusak/sakit, maka tubuh akan melakukan upaya kontrol dan perbaikan atau jika tetap tidak bisa dilakukan akan dibuang/dibunuh.

    Selama mekanisme ini berjalan normal, InsyaALLAH, kanker akan jauh dari kehidupan kita. Namun, jika mekanisme ini justru gagal dalam melakukan tugasnya, maka sel-sel yang rusak tadi akan mengganas dan "mengajak" sel-sel yang lain untuk bergabung menjadi "preman" dan melakukan perusakan di tubuh kita. Dimana? Ya, dimana aja, terserah mereka mau tumbuh dimana, atau dimana aja organ tubuh kita yang lemah. Tumbuh di payudara jadi kanker payudara, tumbuh di rahim jadi kanker rahim, tumbuh di tulang jadi kanker tulang, dsb.

    Cara yang paling jitu dan aman adalah dengan menjaga, mempertahankan, menguatkan atau mengembalikan sistem tubuh atau mekanisme tubuh normal tadi pada kondisi optimalnya.

    (Ni jadi tugas dari para peneliti dan dokter-dokter seperti Mbak May ni, hehee..)

    Semoga KANKER / #1 Public Enemy ini dapat kita kalahkan sehingga semua manusia mendapatkan kembali kualitas kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

    -Insan Filani-

  1. Salam kenal jg ^_^

    Waaahhh suatu kehormatan bwt mei bisa mendapat pengetahuan dari Insan.

    Tentang tumor dan kanker,keduanya merupakan 1 gejala keabnormalan (ketidaknormalan) sel tubuh. Sesuai literatur yg mei pelajari dan kesepakatan para peneliti kanker,yg setiap bulan seminarnya diadakan secara gratis di Jakarta,tumor merupakan pertumbuhan sel yg abnormal tp tidak menunjukkan tanda2 keganasan. Jika tumor menunjukkan tanda2 keganasan (pertumbuhan cepat tak terkendali,bersifat invasif (menyerang dan menyebar luas ke daerah sekitar),dan mengakibatkan gangguan pd fungsi normal jaringan tubuh,maka disebut sebagai kanker.

    Utk pengobatan kanker,Insan bisa buka arsip blog mei ini pd bulan Juli. Memang hanya membahas salah satu cara pengobatannya saja,yaitu kemoterapi. Kebetulan itu mei dapetin saat ada kesempatan mengikuti seminar rutin tentang kanker tersebut. Mudah2an bermanfaat,nanti bila dapat informasi lg akan mei tulis lg.

    Terima kasih sekali atas atensi dan masukan dari saudara Insan,info Anda benar2 bagus.