Istilah puasa tak terdengar asing lagi di dunia medis. Seringkali seseorang dianjurkan utk menjalankan puasa "menahan makan" sebelum dilakukan tindakan medis tertentu termasuk diantaranya medical check-up pemeriksaan darah. Dgn menahan makan lebih kurang 8-10 jam sebelum pemeriksaan,nantinya akan diperoleh hasil yg lebih akurat. Lain halnya utk yg bernilai ibadah,keutamaan2 berpuasa membuat sebagian umat sangat menginginkan utk menunaikan ibadah ini lengkap sebulan penuh walaupun dirinya sedang dalam kondisi yg masih "terganggu" kesehatannya.

Sebenarnya utk orang dgn kesehatan terganggu akan mendapatkan "keringanan" dalam menjalankan ibadah puasa. Namun bukan berarti semua orang dgn kesehatan terganggu tidak bisa menjalankan puasa dgn sehat. Dgn memperhatikan kelemahan/kekurangan yg ada dalam dirinya dan adanya konsultasi dgn tenaga medis akan diperoleh kiat2 sehat utk menjalankan ibadah puasa. Tentunya semua itu tidak boleh lepas dari komitmen bahwa makanan yg dikonsumsi harus lebih terkontrol dan teratur serta tidak meninggalkan obat yg memang harus rutin dikonsumsi.

Selamat menunaikan ibadah puasa,semoga perjuangan saya dan Anda di bulan Ramadhan ini mendapatkan ridho Alloh dan kemerdekaan jiwa,amiinn. Mohon maaf bila sampai detik ini saya berbuat kesalahan pd Anda,baik itu dgn perbuatan maupun kata2 saya. Mari jadikan puasa sebagai sarana utk berbenah diri dan menjadi pribadi yg lebih baik.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Menyambut Datangnya Ramadhan”