Sebuah penelitian yg dipublikasikan pd CyberPsychology and Behaviour Journal menganalisa efek Facebook (FB) terhadap kondisi pacaran di kalangan mahasiswa. Kesimpulan penelitian tersebut menyatakan bahwa ada hubungan signifikan antara intensitas waktu yg digunakan utk mengakses FB dgn perasaan dan pengalaman cemburu pd pasangan. Sebanyak 308 peserta ikut serta dalam penelitian ini dan 231 diantaranya adalah wanita. Pertanyaan yg diajukan oleh peneliti antara lain : "seberapa sering Anda memantau aktifitas pasangan Anda di FB" dan "seberapa sering Anda menjadi cemburu setelah pasangan Anda menambahkan teman lawan jenisnya di FB padahal temannya itu tidak dikenal".

Seperti yg diketahui bahwa FB merupakan sarana yg bermanfaat sekali utk memperkuat persahabatan dan hubungan percintaan,selain itu terdapat fakta bahwa FB pun dapat menghancurkan sebuah hubungan. Sesuai dgn jawaban pertanyaan yg didapat dari peserta,maka dapat disimpulkan bahwa FB memicu kecemburuan dalam suatu hubungan. Para peneliti membagi 4 alasan utama yg menyebabkan hal tersebut,yaitu :
1. Sebanyak 19,1% peserta menyatakan bahwa peningkatan jumlah informasi dalam suatu interaksi antara pasangan peserta dgn teman2 lawan jenisnya di FB akan meningkatkan intensitas pemantauan dan rasa cemburu peserta kepada pasangannya.
2. Sebanyak 16,2% menyatakan dgn terang2an bahwa penggunaan FB memicu rasa cemburu. 3. Sebanyak 10,3% mengakui kesulitan mengatur pasangannya utk membatasi waktu mereka yg kecanduan memperhatikan profil FB teman2nya.
4. Sebanyak 7,4% peserta menyatakan bahwa informasi2 di FB bisa menjadi ambigu bila tanpa penjelasan lebih lanjut sehingga dapat mengubah kecemburuan menjadi kesalahpahaman.

Penelitian ini dapat dipakai sebagai bukti kuat adanya antara penggunaan FB dan rasa cemburu yg ditimbulkan sebagai akibatnya,walaupun demikian penelitian lebih lanjut dibutuhkan agar didapatkan pemahaman yg lebih baik tentang kausalitas kedua hal tersebut. Data2 pada penelitian ini belum bisa menjelaskan dgn sempurna tentang proses hubungan timbal balik dari sebab akibat tersebut. Selain itu ada variabel penting yg harus diteliti karena berpengaruh besar terhadap hasil yg didapatkan,yaitu karakter pasangan peserta. Diharapkan penelitian berikutnya bisa membuktikan efek langsung dari berbagai pemicu rasa cemburu dgn banyaknya waktu yg dihabiskan individu di FB.

Sumber : Mashable

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Facebook Meningkatkan Rasa Cemburu Penggunanya Terhadap Pasangan”