Susu sangat baik utk dikonsumsi sepanjang masa tanpa mengenal faktor usia. Susu alami mengandung kandungan gizi yg lengkap seperti protein,vitamin D,kalsium,fosfor,magnesium,imunoglobin,vitamin A,zink,asam lemak esensial,laktosa,dan asam amino esensial yg semuanya diperlukan bagi tubuh. Salah satu keunggulan susu adalah bentuknya yg cair sehingga vitamin dan mineral yg terdapat pd susu mudah diserap tubuh. Mengkonsumsi susu minimal 2x dalam sehari membantu melengkapi nutrisi yg dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi jangan menganggap bahwa dgn minum susu maka pola makan dianggap sempurna karena tidak satu pun bahan makanan yg mengandung semua zat gizi yg mampu utk membuat seseorang hidup sehat. Oleh karena itu diperlukan konsumsi makanan yg beraneka ragam.

Beragam susu yg ada di pasaran antara lain susu bubuk,susu kental manis,dan susu Ultra High Temperature (UHT). Susu bubuk merupakan susu yg berasal dari susu segar,baik dgn atau tanpa rekombinasi dgn zat lain seperti lemak atau protein,yg kemudian dikeringkan. Umumnya susu bubuk dikeringkan dgn menggunakan spray dryer atau roller dryer. Umur penyimpanan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dgn penanganan yg baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder),susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder),dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder).

Susu kental manis adalah produk susu yg diperoleh dgn cara menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi (penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu. Kandungan gizinya berbeda dari susu segar,kandungan vitamin lebih rendah sedangkan kandungan gula dan lemaknya sangat tinggi. Oleh karena itu susu kental manis tidak ditujukan utk pemenuhan pola 4 sehat 5 sempurna dan tidak cocok diberikan kpd anak2 di bawah 5 tahun. Kelebihan susu kental manis salah satunya memiliki masa kadaluarsa yg panjang. Kemasan yg belum dibuka mampu bertahan sampai 2 tahun dan bila sudah dibuka maka mampu bertahan sekitar 2 bulan jika disimpan dalam lemari pendingin.

Susu UHT adalah susu yg diolah menggunakan pemanasan dgn suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dan dalam waktu singkat,yakni selama 2-5 detik. Tujuan pemanasan adalah membunuh mikroorganisme (baik penyebab pembusukan maupun bakteri patogen) dan spora jamur. Waktu pemanasan yg singkat dimaksudkan utk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta utk mendapatkan warna,aroma dan rasa yg relatif tidak berubah seperti susu segarnya. Susu UHT dikemas menggunakan 6 lapis kertas,plastik polyethylene,dan alumunium foil yg mampu melindungi susu dari udara luar,cahaya,kelembaban,aroma luar dan bakteri. Oleh karena itu dapat disimpan pd suhu kamar (25 derajat Celcius) sampai 10 bulan meski tanpa bahan pengawet karena susu terhindar dari bakteri perusak minuman dan tetap segar serta aman utk dikonsumsi.

Apapun jenis susu yg dikonsumsi tetap sama manfaatnya tetapi harus diperhatikan kandungan gulanya. Bila terlalu tinggi maka akan menyebabkan obesitas (kelebihan berat badan) yg bisa berujung pd berbagai penyakit lain.

0 comments to “Berbagai Macam Susu”