1. Mengurangi Makan Tidak Otomatis Menurunkan Berat Badan
Dalam diet, yang penting adalah mengatur keseimbangan makanan. Melaparkan diri justru akan membuat Anda lemas dan tidak bersemangat karena pada dasarnya lapar adalah motivator untuk tetap bertahan hidup.

2. Gemuk Bukan Berarti Kelebihan Gizi
Banyak orang gemuk makan sebanyak orang dengan berat badan normal bahkan tak jarang orang yang mengalami obesitas ternyata mengalami malnutrisi atau kurang gizi karena memilih jenis makanan yang salah dan mempunyai kebiasaan makan yang keliru. Karena itu agar berat badan normal, pilihlah karbohidrat, protein, lemak, dan zat penunjang lain dengan tepat. Utamakan makanan yang segar dan hindari makanan yang sering dipanasi. Tubuh dapat berfungsi dengan baik jika kecukupan gizi terpenuhi yang bukan terlihat dari banyaknya makanan melainkan jumlah gizi yang dikonsumsi.

3. Makanlah dengan Tujuan Memiliki Badan Sehat
Makan atau menghindari makan agar badan menjadi langsing justru dapat menjadi beban dan berisiko besar untuk gagal. Yang sebaiknya dilakukan adalah menjadikan pola makan sehat sebagai bagian dari gaya hidup. Pilihlah pola makan yang tidak menyulitkan. Jika sesekali ingin makan steak, makanlah dengan porsi sedang dan ingat untuk selalu menyertakan sayuran. Nikmatilah rasa makanan sehingga efeknya akan terasa pada tubuh. Artinya, yang perlu diubah bukan makanannya tetapi tingkah laku terhadap makanan

4. Makanlah dengan Tenang
Yang tak kalah penting adalah cara makan yang tenang dan tidak terburu-buru sehingga makanan dapat dikunyah sampai halus. Dengan demikian, makanan dapat dicerna dengan baik sehingga menimbulkan rasa kenyang yang mencegah makan secara berlebihan.

5. Bedakan Lapar dengan Gejala Detoks
Jika seseorang makan makanan kurang gizi (makanan yang diproses, makanan tak alami) maka sel-sel tubuh akan menumpuk racun. Jika kemudian seseorang melakukan diet yang baik dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah, maka tubuh akan melepaskan racun dan ampas dari dalam tubuh yang gejalanya menyerupai sakau. Proses yang dalam istilah kedokteran modern disebut withdrawal syndrome ini seringkali disalahartikan dengan lapar sehingga banyak orang yang mencoba mengatasinya dengan makan lagi. Akibatnya bukan menjadi langsing sebaliknya berat badan justru merangkak naik.

7. Jangan Tergantung pada Produk Makanan Diet
Makanan diet berupa minuman bergizi, susu kedelai, atau sup mungkin memang dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun biasanya setelah berhenti mengkonsumsinya berat badan akan kembali naik. Sementara itu mengkonsumsinya dalam jangka panjang akan beresiko kurang gizi. Karena itu makanan diet sebaiknya digunakan sebagai tambahan saja dan tetap memilih makanan alami yang terbaik bagi tubuh.

8. Berhati-hatilah dengan Obat Pelangsing
Obat pelangsing walaupun diresepkan dokter harus disikapi secara hati-hati terutama bila bermaksud mengkonsumsinya tanpa pengawasan dokter. Tidak semua orang dapat menyesuaikan diri dengan zat kimia yang terkandung dalam obat-obatan pelangsing. Tanyakan pada dokter, isi kandungan obat tersebut dan konsultasikan riwayat kesehatan Anda.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Yang Perlu Diketahui Sebelum Berdiet”