Ibnu Umar mengatakan, Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya hati itu bisa berkarat sebagaimana besi. Kemudian ada yang bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana cara membersihkannya ?" Beliau bersabda, "Dengan membaca Al Qur'an." (HR. Baihaqi)

Engkau harus tahu, bahwa sesuatu yang ditakdirkan akan menimpamu, tak mungkin luput darimu dan sesuatu yang ditakdirkan luput darimu, tak mungkin menimpamu. (HR. Abu Dawud no.4699)

Ukhuwah itu bukan terletak pada pertemuan, bukan pula pada manisnya ucapan di bibir. Tapi pada ingatan seseorang terhadap saudaranya didalam doanya.
Seseorang yang istimewa bukanlah yang selalu di depan mata, bukan pula yang senantiasa di sisi. Tapi ia yang setia di hati dan mengingatmu dalam setiap bisikan doanya.
Semoga ukhuwah ini kekal selamanya dan diistiqomahkan di jalan ini.

Lihatlah sudut-sudut hati kecilmu dengan pandangan mata yang tajam dan pengamatan yang cermat. Jika engkau mendapati sesuatu yang terpuji, maka pujilah Alloh dan teruslah berlalu. Akan tetapi, jika engkau melihat sesuatu yang menjengkelkan, maka ikutilah dengan evaluasi dan pemeriksaan yang baik terhadapnya. (Bayu Gawtama)

Kehidupan seorang mukmin ibarat matahari. Terbenam di suatu wilayah untuk terbit di wilayah lainnya. Dia selalu bersinar dan hidup serta tak pernah terbenam selamanya. (Iqbal)
Saudariku, gemintang itu tak sendiri. Meski engkau sering merasa sunyi, gelap, atau suram. Ada Alloh tempat engkau berlari, pun ada aku yang akan menemanimu berlari kepadaNya. Inilah segaris rinduku untukmu selalu.

Orang yang dekat adalah saudaramu seiman. Orang yang jauh adalah musuhmu karena iman. (Rita,2010)

Musa pernah membunuh orang, Yunus sempat lari dari tugas risalah, Adam gagal dalam ujian untuk tak mendekati pohon yang diharamkan. Tapi doa sesalnya diabadikan Qur'an, "Rabb Pencipta kami, telah kami aniaya diri sendiri. Andai Kau tak sudi mengampuni dan menyayangi, niscaya jadilah kami termasuk mereka yang merugi."
Kita pernah menjadi jiwa pendosa tetapi sikap terbaik adalah bertaubat dan memuliakan kelanjutan sejarahnya. (Salim A. Fillah)

Ada 2 hal yang membuat manusia akan bijak dalam bersikap. Pertama, ia menggunakan akalnya dan ia campakkan nafsunya. Kedua, ia jadikan doa dan ibadah sebagai jalan kepadaNya dan ikhtiar dalam menempuh keinginan. Dan ia akan bertambah arif serta bijak dalam bersikap saat setiap keputusan merupakan rangkaian pada Al Qur'an dan As Sunnah.

Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepadaKu. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)Ku dan beriman kepadaKu agar mereka memperoleh kebenaran. (QS. Al Baqarah:186)
Saat Alloh menjawab doamu, ia meminta keimananmu. Saat Alloh belum menjawab doamu, ia meminta kesabaranmu. Saat Alloh menjawab tapi bukan doamu, ia memilihkan yang terbaik untukmt. Alloh yang tak hanya siap setiap saat mendengar ceritamu tapi juga mengabulkan setiap pintamu.

Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya muslim yang satu dengan muslim lainnya adalah ibarat satu tubuh. Ketika yang satu sakit maka yang lain akan merasakan." (Muthafaqun 'alaihi)

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Kumpulan Nasehat Teman 9”