Pada tahun 1976 diadakan sebuah pertemuan para legiun veteran di Philadelphia, AS. 182 orang yang hadir mengalami keluhan gangguan kesehatan dan 29 orang diantaranya meninggal dunia.

Penyebab penyakit tersebut, yang baru ditemukan bulan Januari 1977, adalah bakteri kecil berbentuk batang. Karena bakteri ini menyebabkan penyakit legionaire maka ia dinamai legionela dan karena gejala utama penyakit legionaire adalah radang paru-paru maka nama lengkap bakteri itu adalah Legionella pneumophilla. Bakteri ini bisa hidup di dalam air selama beberapa bulan dan sering terdapat dalam cairan sistem pendingin ruangan.

Dari penelitian, angka kematian akibat penyakit tersebut 15%. Penyakit itu terutama menyerang paru-paru dan menimbulkan peradangan (pneumonia). Selain itu, bisa juga menyerang ginjal, saluran pencernaan, dan sistem saraf.

Keluhan penderita biasanya batuk yang cukup hebat tetapi tidak banyak dahak disertai demam yang cukup tinggi. Selain itu penderita kelihatan lemah, mengeluh pegal-pegal, sakit perut, mual dan mungkin diare. Pada penderita bisa juga ditemukan penumptkan cairan di selaput paru-parunya.

Lewat foto roentgen dada akan tampak gambaran seperti pneumonia pada umumnya, begitu pula pada pemeriksaan dokter. Pada pemeriksaan darah akan ditemukan berbagai kelainan seperti peningkatan jumlah sel darah putih, 10.000-20.000. Selain terdapat pula berbagai kelainan imunologik dan peningkatan kadar antibodi.

Mengingat keadaan penyakit yang cukup berat dan angka kematian yang cukup tinggi maka penderita perlu mendapat penanganan antibiotik eritromisin sebanyak 0,5 gram setiap 6 jam. Pengobatan harus diteruskan sampai sekitar 3 minggu untuk mencegah kekambuhan.

Obat pilihan lain adalah rifampisin yang merupakan pilihan kedua dan biasanya diberikan ketika pengobatan eritromisin tidak memadai.

Pada bulan Juni 1968 di sebuah gedung dinas kesehatan kota Pontiac, Michigan, AS terdapat penyakit akibat polusi AC di gedung itu yang disebabkan bakteri Legionella. Penyakit ini dinamakan Pontiac Fever.

Bakteri Legionella yang pada saat itu ditemukan, baru berhasil diisolasi pada tahun 1976 ketika terjadi penyakit Legionaire. Pontiac fever pada awalnya disangka gejala awal penyakit legionaire. Namun ternyata Pontiac fever merupakan penyakit tersendiri yang ditandai keluhan mirip influenza berat yang terjadi akibat mengisap udara atau uap air yang terkontaminasi.

Keluhan penderita Pontiac fever adalah influenza berat disertai demam, menggigil, sakit kepala, dan lemas. Dapat juga ditemui sakit perut, mual, muntah, sakit dada, pusing, dan sakit tenggorokan. Pada foto roentgen dada tidak ditemukan tanda pneumonia atau kelainan paru lainnya, begitu pula pada pemeriksaan dokter ditemukan paru-paru dalam batas normal.

Pontiac fever murni biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, tanpa perlu pengobatan antibiotik. Penyakit ini pun tak menyebabkan kematian.

Bakteri legionela ternyata terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Yang khas menimbulkan penyakit legionaire adalah Legionella pneumophilla. Sebagian Pontiac fever juga disebabkan oleh bakteri Legionella pneumophilla tetapi sebagian lagi penyebabnya berbeda meski masih termasuk keluarga besar bakteri legionela.

Pada suatu laporan kasus, ditemukan spesies lain bakteri Pontiac fever dalam air mancur yang terkontaminasi, Legionella anisa. Kasus lainnya yang menyerang 371 pekerja industri perakitan mobil pada tahun 1984 disebabkan oleh Legionella feelei. Sementara dari Skotlandia pernah dilaporkan Pontiac fever menyerang 170 orang yang disebabkan oleh Legionella micdadei.

Pontiac fever dan penyakit legionaire dapat berlangsung sporadis dan mengenai banyak orang dalam suatu ruangan sekaligus. Bila ditemukan berbagai keluhan seperti yang telah dibahas pada suatu ruangan ber-AC, dianjurkan segera menghubungi dokter karena pengobatan harus dilakukan sedini mungkin. Bila penyakit dibiarkan berkelanjutan maka akan terjadi keterlambatan dalam penanganan yang mungkin bisa berakibat fatal.

2 comments to “Infeksi Pernapasan : Bakteri Legionella”

  1. Nah yang begini nich perlu ditingkatin !!! Bukannya tulisan yang ngga ada juntrungannya ntu. Ngga cocok loe jadi penyair, mei. MAKSA JAKA SEMBUNG BGT DAAACCHH

  1. Halah, brisiiik !!