Endometriosis merupakan salah satu kelainan ginekologis yg paling sering dijumpai. Dalam dua dekade terakhir terlihat adanya peningkatan insiden endometriosis. Faktor resiko terkena endometriosis adalah perempuan yg darah haidnya banyak sekali. Sedangkan mereka yg rentan menderita endometriosis adalah wanita berusia 16 tahun ke atas atau usia2 produktif. Utk mereka yg berusia remaja antara 11-13 tahun,perdarahan berlebihan saat menstruasi dan siklus menstruasi yg abnormal bukanlah endometriosis dan nyeri yg terjadi disebut nyeri haid primer. Hal ini disebabkan karena pd usia tersebut memang blm tercapainya keseimbangan hormonal.

Endometriosis berpengaruh pd sistem reproduksi dan bisa menyebabkan seorang wanita tidak hamil karena ada sesuatu yg menghalangi. Namun demikian,mereka yg bisa hamil sekalipun juga tetap bisa mengalami endometriosis setelah melahirkan. Bahkan ada juga wanita yg sudah menopause tetap mengalami endometriosis. Endometriosis pd kehamilan bersifat sangat individual. Ada seseorang yg mengidap endometriosis banyak ternyata bisa hamil sementara ada juga yg endometriosisnya sedikit malah tidak bisa hamil.

Ahli obstetrik dan ginekologi (kandungan) membagi endometriosis dalam kategori ringan,sedang,dan berat. Hal ini penting utk mendapatkan gambaran penatalaksanaan penyakit dan kemungkinan kesembuhannya.
• Ringan
1. endometriosis menyebar tanpa perlekatan pd bagian depan atau belakang permukaan ovarium,atau daerah peritoneum (lapisan perut)

• Sedang
1. endometriosis pd 1 atau 2 ovarium disertai parut dan retraksi (tarikan) atau endometrioma kecil
2. perlekatan minimal di sekitar ovarium yg mengalami endometriosis
3. endometriosis pd bagian depan atau belakang cavum Douglasi dgn parut dan retraksi atau perlekatan,tanpa implantasi di usus besar sigmoid

• Berat
1. endometriosis pd 1 atau 2 ovarium,ukuran lebih dari 2x2 cm persegi
2. perlekatan 1 atau 2 ovarium/tuba/cavum Douglasi karena endometriosis
3. terjadi perlekatan usus dan atau perlekatan pd saluran kemih

Endometriosis juga bisa mengakibatkan komplikasi yg cukup serius. Selain mengalami infertilitas (kemandulan),juga bisa mengakibatkan kista. Kista endometriosis inilah yg bisa mengakibatkan nyeri yg sangat hebat pd saat menstruasi maupun saat melakukan hubungan intim. Kista ini dapat sembuh namun tidak jarang kambuh kembali. Pada kondisi lanjut,jaringan endometriosis daapat menjalar ke bagian tubuh lain seperti usus,otak,kandung kemih,dan paru-paru. Maka endometriosis bisa disamakan dgn tumor jinak karena penyebarannya itu.

0 comments to “WASPADAI ENDOMETRIOSIS PADA NYERI MENSTRUASI BERLEBIHAN”