Operasi sesar (SC) bisa dilakukan dgn jahitan minimal pd rahim dan lapisan atas otot menggunakan alternatif baru yaitu staples medik dan adesif topikal/surgical glue. Lem yg digunakan mengandung zat aktif 2-octyl cyanoacrylate yg berguna utk mencegah infeksi kuman seperti Pseudomonas dan Esscherecia coli. Keuntungan lem tersebut secara estetik tidak mengecewakan,risiko pembentukan jaringan parut pd bekas luka/scarring lebih rendah,dan pasien terhindar dari sakit yg ditimbulkan saat jahitan diangkat.

Prinsip utama penggunaan lem yaitu hanya utk topical closure (penutupan di permukaan). Harus dipastikan lem tidak merembes ke dalam luka karena dpt memperlambat proses penyembuhan dan berisiko menimbulkan reaksi serta meningkatkan risiko infeksi. Tidak semua pasien dpt menggunakan lem tersebut,biasanya utk pasien yg tidak ada riwayat perdarahan dan infeksi serta status gizi baik. Efek samping berupa reaksi kulit seperti gatal,perih atau kemerahan serta reaksi alergi terhadap lem.

Di Indonesia penggunaannya sangat terbatas karena harganya yang mahal dan biasanya para dokter lebih memilih jahitan konvensional. Sebaiknya jarak kehamilan selanjutnya minimal 2 tahun supaya rahim benar2 pulih dan siap mengandung. Bila tidak maka ditakutkan rahim yg belum pulih penuh saat hamil dan rahim membesar bisa terjadi robekan/ruptur. Jarak waktu tiap ibu tidak sama,tergantung kondisi ksehatan ibu tersebut.

0 comments to “Operasi sesar tanpa jahitan ?”