Setiap ibu memiliki cara pandangnya sendiri dalam membesarkan anak. Cara pandang inilah yang menentukan bagaimana ia mengasuh dan mendidik anaknya. Yang terpenting adalah ibu bisa mengasuh dan mendidik anak dengan cara yang menyenangkan. Jangan hanya di dalam ruangan karena ibu bersikap terlalu protektif sehingga membatasi ruang gerak dan kreativitas anak. Anak juga jangan dipaksa mencapai tujuan tertentu yang diluar kemampuan anak karena obsesi ibu. Anak pun tak bisa dibanding – bandingkan karena setiap anak memiliki keistimewaannya sendiri.

Sejak awal ibu harus memiliki niat dan hati gembira dalam menghabiskan waktu bersama anak serta melakukan segala aktivitas tanpa beban, terutama dalam hal bermain. Bermain dengan anak bisa melatih semua alat indra dan keterampilan baik motorik kasar maupun halus. Dari sisi psikologis bila anak bermain bersama ibu akan terjadi interaksi yang semakin menguatkan ikatan batin. Minimalisasikanlah sifat protektif dan ambisus serta jadilah ibu yang berani, mandiri, bersemangat dan menyenangkan.

Untuk memahami kesulitan, harapan, kekhawatiran, tujuan dan sikap sebagai orangtua masa kini maka dibuatlah penelitian global atas inisiatif Huggies yang melibatkan lebih dari 5000 ibu di seluruh dunia, 2000 diantaranya di Asia Tenggara. Penelitian ini bernama “Motherhood Today Research”, yang menyimpulkan ada 6 tipe ibu yaitu independent, ambitious, competent, protective, natural, dan playful mother. Para ibu tidak perlu mematokkan diri pada satu tipe karena tiap ibu bisa memiliki semua tipe tersebut, hanya tergantung sifat yang lebih dominan dalam membesarkan anak.

Berikut ini adalah perbedaan masing – masing tipe ibu.
• Independent Mother : Aktif, berani, suka bertualang dan mandiri. Perempuan dengan tipe ini berpikiran bahwa menjadi ibu adalah suatu petualangan.

• Ambitious Mother : Berorientasi tujuan agar sukses, pintar bergaya, dan suka menuntut. Bagi perempuan tipe ini, menjadi ibu adalah langkah untuk mewujudkan cita – cita dan impiannya.

• Competent Mother : Bertanggung jawab, rasional, berpikir jernih, teliti, dan mengusahakan dirinya agar mendapatkan info terbaru. Tipe ini berpendapat bahwa menjadi ibu perlu merencanakan segala sesuatu dan harus dijalankan sesempurna mungkin.

• Protective Mother : Berhati – hati, rajin, penuh pengabdian, lembut, konservatif, dan tidak suka dengan resiko. Bagi mereka dengan tipe ini, menjadi ibu membuat dirinya merasa utuh dan sempurna sebagai seorang perempuan.

• Natural Mother : Ceria, penuh kasih saying, penyayang, dan bias menjadi teman sekaligus ibu untuk anaknya. Tipe ini berpikiran bahwa menjadi ibu adalah peran alamiah bagi dirinya.

• Playful Mother : Spontan, tidak banyak pikiran, suka bereksperimen, ceria, dan hangat. Bagi perempuan dengan tipe ini, menjadi ibu adalah pengalaman istimewa yang penuh dengan sukacita dan keingintahuan.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Termasuk Tipe Ibu Apakah Anda ?”