Tubuh kita ini ada batasnya. Bila diibaratkan sebagai mesin mobil, tubuh manusia pun perlu istirahat karena bila terus dipaksa untuk beraktifitas maka tubuh kita akan mengalami kelelahan. Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan dan makin diperburuk oleh konsumsi rokok yang terus menerus disertai konsumsi kopi yang berlebihan serta konsumsi suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein.

Dampak kelelahan ini adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistim jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh. Kelelahan serta stress yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh kita.

Kelelahan fisik dan psikis akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan tersebut karena mereka akan mudah terkena infeksi virus seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare mereka juga rentan terkena infeksi virus Hepatitis, Demam Thypoid dan virus demam berdarah. Mereka yang mengalami kelelahan juga sebenarnya sudah tidak berkonsentrasi dan bekerja dengan baik selain itu emosinya juga menjadi tinggi. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada pengendara yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan antara lain sakit maag, gangguan kejiwaan, asma, Diabetes Mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahan. Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang dimana hal ini akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di ulu hati. Apabila sudah ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada adalah peringatan agar berhenti beraktifitas untuk mengobati gangguan kesehatan yang terjadi.

Ketika seseorang telah mengalami puncak kelelahan yang telah terakumulasi selama beberapa waktu, maka mereka beresiko besar mengalami serangan jantung yang salah satu tandanya adalah nyeri dada. Serangan jantung sendiri sebenarnya bukan terjadi tiba-tiba tetapi merupakan suatu proses. Faktor risiko untuk terjadinya serangan jantung tersebut sebenarnya dapat diidentifikasi melalui pemeriksaan laboratorium. Ada beberapa penyakit yang nilainya hanya diketahui dengan pemeriksaan antara lain pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan urin dan tinja, pemeriksaan gula darah, kadar kolesterol darah, kadar asam urat, pemeriksaan fungsi ginjal dan fungsi hati. Selain itu pemeriksaan tekanan darah penting untuk mengetahui adanya hipertensi. Oleh karena itu dengan pemeriksaan kesehatan rutin terutama untuk masyarakat yang sudah berumur diatas 40 tahun merupakan suatu hal yang penting. Secara khusus untuk jantung pemeriksaan EKG saat istirahat dan pemeriksaan Treadmil Test (TMT) merupakan skrining yang baik untuk mengidentifikasi adanya gangguan jantung.

Selain pemeriksaan kesehatan rutin, maka bagi masyarakat yang memang super sibuk diminta untuk tetap mempertahankan jumlah tidur minimal 6 jam sehari, dimana ada kesempatan untuk beristirahat maka dianjurkan untuk beristirahat. Tetap memperhatikan waktu makan minimal tiap 6 jam, sebaiknya disela waktu makan ada makanan yang diskonsumsi terutama makanan yang sehat tidak mengandung coklat, keju, berlemak dan mengurangi goring - gorengan. Namun air putih harus tetap dipertahankan sebanyak minimal 2 liter per hari . Lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur - sayuran. Diwaktu antara makan baik juga untuk selalu mengkonsumis buah. Mengurangi menghisap rokok, minuman bersoda, dan minum kopi jangan berlebih-lebihan maksimal 2 gelas sehari. Suplemen sebaiknya juga jangan berlebihan dikonsumsi dan sebaiknya juga dihindari minuman yang berkafein atau mengandung ginseng. Karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat itu adalah istirahat. Selain itu juga yang terpenting melakukan olah raga secara teratur.

0 comments to “Bila Lelah, Istirahatlah !”