1. Guillain Barre Syndrome (GBS)
Ini merupakan penyakit bersifat akut yg terjadi selama 1-3 minggu setelah terserang infeksi akut. Penyebabnya imunitas tubuh yang menyerang selubung saraf. GBS merupakan penyebab kelumpuhan yang cukup sering dijumpai pada usia dewasa muda dan produktif. Pada umumnya penyakit ini tidak fatal namun ada beberapa keadaan yang bisa menimbulkan kematian.

GBS ditandai dengan timbulnya kelumpuhan akut yang disertai menurunnya refleks-refleks tendon (pemeriksaan refleks dilakukan oleh dokter) dan didahului oleh rasa kesemutan selama 1-3 minggu setelah mengalami infeksi akut.

2. Hernia Nucleus Pulposus (HNP)
HNP adalah kelainan yang disebabkan diskus vertebralis (bantalan di antara ruas tulang belakang) keluar dari tempatnya dan menekan radiks (akar) saraf. Akibatnya pasien akan merasakan nyeri yang dirasakan menjalar pada daerah punggung, pinggang, lengan dan kaki tergantung area yang terkena. Pasien juga dapat merasakan kesemutan hebat dan dapat terasa bertambah nyeri jika disentuh pada bagian tulang belakang yang mengalami herniasi.

3. Stroke
Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Bisa disebabkan adanya sumbatan pembuluh darah otak atau adanya pembuluh darah otak yang pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya.

Pada pasien stroke, jika daerah yang mengalami gangguan adalah pembuluh darah otak yang memberikan nutrisi pada daerah sensorik maka pasien juga dapat mengalami sensasi kesemutan pada daerah yang dipersarafi bagian otak tersebut.

4. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Sindrom ini disebabkan oleh adanya jepitan pada saraf medianus di pergelangan tangan. Dapat disebabkan oleh gerakan repetitive (berulang) pada tangan yang dilakukan terus menerus setiap hari. Gejala yang dirasakan adalah kesemutan di daerah jempol, jari telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis. Sensasi ini lebih sering dirasakan di malam hari dan dapat membuat pasien terbangun dari tidur. Jika dibiarkan berlanjut dapat menyebabkan keluhan berlanjut menjadi rasa terbakar dan kelemahan otot.

5. Polineuropati Diabetes Mellitus
Pada penderita DM terjadi penurunan kecepatan hantar saraf akibat tingginya glukosa pada darah dalam jangka waktu lama. Kesemutannya biasa dirasakan di kaki dan tangan sehingga dikatakan membentuk pola stocking and gloves. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus menerus. Dapat pula disertai rasa nyeri yang menikam seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki.

6. Defisiensi Vitamin B12
Vitamin B12 dibutuhkan untuk memproduksi dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Vitamin ini banyak didapat dari makanan seperti daging-dagingan, ayam, telur, hati, susu, ikan salmon, ikan tuna, yoghurt, dan beberapa makanan lain. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gejala-gejala seperti kelelahan, konstipasi, badah terasa lemah, nafsu makan menurun, berat badan turun juga gejala kesemutan di daerah tangan dan kaki.

0 comments to “Deret Penyakit Penyebab Kesemutan”