Nyeri pd pangkal ibu jari di dekat pergelangan tangan biasanya dialami oleh orang yg sering melakukan pekerjaan dgn menggunakan pergelangan tangan,misalnya mencuci pakaian,menyeterika baju,mengupas kentang,mengiris sayuran dan pekerjaan lainnya. Keluhan ini dalam istilah medis dikenal sebagai penyakit De Quervain's. Nama penyakit ini diambil dari seorang ahli bedah berkebangsaan Swiss,Fritz De Quervain,yg pertama kali mengidentifikasikan penyakit ini pd tahun 1895. Karena sering terjadi pd wanita yg suka mencuci pakaian maka dikenal juga dgn washerwoman's sprain,atau peregangan pd wanita yg sering mencuci.

Penyebab

Kelainan ini terjadi karena proses radang pd daerah tendon namun sebagian besar kasus kadang tidak dapat dijelaskan secara pasti penyebabnya. Saat tangan melakukan aktivitas seperti menggenggam,menjepit sesuatu,atau menenteng barang, ibu jari menggunakan dua tendon penting yaitu extensor pollicis brevis dan abductor pollicis longus. Pada kondisi normal kedua tendon tersebut bergerak mulus tanpa hambatan sehingga gerakan ibu jari juga normal. Pada penyakit De Quervain's,bagian yg menyelubungi tendon mengalami radang sehingga gerakan terbatas dan terasa nyeri. Penyebab yg paling sering karena penggunaan berlebihan pd ibu jari dan pergelangan tangan.


Gambar Ilustrasi tendon yg meradang

Keluhan ini biasanya juga dialami oleh ibu yg baru melahirkan dan merawat bayi. Diduga karena pengaruh hormon setelah melahirkan dan terjadi peningkatan aktivitas karena memandikan bayi atau mencuci pakaian dan botol susu. Penderita arthritis reumatoid juga rentan mengalami hal ini karena terjadi proses radang terutama pada bagian dekat persendian. Selain itu riwayat trauma pd daerah tersebut juga dapat mengalami penyakit ini.

Gejala

Beberapa gejala yg dapat terjadi akibat penyakit De Quarvain's diantaranya adalah :
  1. Nyeri pd daerah pangkal ibu jari seperti pd gambar di atas. Bertambah nyeri terutama saat mengangkat ibu jari misalnya saat menggunakan gunting.
  2. Jika ditekan terasa tidak nyaman pd daerah tersebut.
  3. Jika sudah berlangsung lama,mungkin saja terjadi bengkak pd daerah pangkal ibu jari.
  4. Terkadang terasa adanya hambatan gerak pd ibu jari.
Untuk memastikan bahwa penyakit tersebut memang De Quervain's dan bukan penyakit lain,dilakukan satu tes yg dikenal sebagai Finkelstein test. Pemeriksaannya dgn cara menekuk ibu jari dan ditahan oleh keempat jari kemudian pergelangan tangan ditekuk. Bila positif De Quervain maka akan terasa nyeri pd pangkal ibu jari.


Gambar Finkelstein Test

Pengobatan

Penyakit ini tidak terlalu berbahaya namun sangat mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus ringan mungkin saja keluhan akan hilang tanpa harus diobati (self-limiting). pilihan terapi yg dapat dilakukan diantaranya adalah :
  1. Jika memungkinkan,menghindari atau setidaknya mengurangi aktivitas yg dapat mengakibatkan nyeri pada daerah tersebut,yaitu aktivitas yg banyak mempergunakan ibu jari atau pergelangan tangan.
  2. Menggunakan splint (pelindung dan untuk fiksasi agar tidak bergerak) pd daerah pergelangan tangan. Alat ini bisa didapatkan pd toko olahraga atau pada ahli fisioterapi. Dengan membuat pergelangan tangan tidak bergerak (imobilisasi) diharapkan nyeri berkurang.
  3. Suntikan steroid cukup efektif dalam menghilangkan nyeri pd sebagian besar kasus (sekitar 70%). Efek samping suntikan ini adalah perubahan warna kulit atau lemak dan menjadi mengecil (atrofi).
  4. Tindakan pembedahan utk mengurangi tekanan pd daerah tersebut dapat dilakukan dgn pembiusan lokal,atau bagi yg tidak tahan dgn nyeri dilakukan pembiusan total.


Gambar Splint

Pencegahan

Cara efektif utk menghindari penyakit ini dgn menghindari penggunaan pergelangan tangan secara berlebihan misalnya utk menekan,menjepit benda,atau gerakan lainnya. Hal ini tentu saja sulit dilakukan terutama jika memang memiliki pekerjaan yg harus menggunakan ibu jari dan pergelangan tangan.

4 comments to “De Quervain's Disease”

  1. o gitu ya.. kalo sering makan mie ada efek buruknya ya..? wak sering makan mie sedap.. lebih enak lo dari indomie..
    indomie sekarang ini bumbunya kurang.. dan lebih terasa asin.. hmm... mie sedap terasa sedapnya...

  1. Haiaahhh aa kok ga nyambung ma topikna c
    (-_-')

    hmmm.. Nti mei cari artikel ttg bahaya makan mie dweh,thx bwt idena hehee

    wah mei jarang makan mie soalna males masak n males bersihin dapurnya jg hahahaa mending kagak makan skalean

  1. O gitu ya.. gak nyambung...he..he.. ^^?..
    tanya ini aja.. badan pegal-pegal obatnya apa..??

  1. Badan pegal2 ?? Wew ntu mah krn kurang olahraga n istirahatna ga cukup hehee..

    Coba atur posisi duduknya n jgn tlalu lama duduk,tiap 1-2 jam relaksasi dgn jalan2 sbentar.. Ga perlu jalan jauh,cukup berpindah t4 sepanjang 25 langkah lalu kembali lg,selain itu lakukan jg peregangan2 ringan/senam kecil..

    Moga bermanfaat yo