Secara umum, penurunan berat badan sampai 1 kilogram dalam 1 minggu sudah cukup sebagai parameter keberhasilan penurunan berat badan. Namun perlu dicatat bahwa penurunan berat badan bersifat individual. Bergantung pada umur, berat badan awal dan adanya usaha penurunan berat badan sebelumnya serta ada tidaknya penyakit penyerta. Sasaran penurunan berat badan yang realistik adalah 5 - 10% dari berat badan awal dalam kurun waktu 6 – 12 bulan. Belakangan ini muncul beragam teknik penurunan berat badan. Semua metode memiliki karakteristik tersendiri. Keberhasilan dari metode yang akan Anda pilih tergantung seberapa besar motivasi Anda. Seseorang bisa mempunyai motivasi kuat bila dia memahami pentingnya mengatur diet untuk kesehatannya. Pengaturan diet harus menyenangkan dan tidak menyiksa serta tidak membosankan.

I. INTERVENSI DIET

Metode ini tidak memerlukan biaya sama sekali. Yang dibutuhkan hanya kemauan kuat untuk menurunkan berat badan menjadi sehat. Lamanya penurunan berat badan menggunakan intervensi diet ini tergantung dari banyaknya berat badan yang akan diturunkan. Ada banyak jenis diet untuk penurunan berat badan. Salah satunya adalah diet rendah kalori.

Pengaturan asupan makanan dengan diet rendah kalori dilakukan untuk menurunkan dan mengontrol berat badan ideal. Diet rendah kalori ini digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. Diet rendah kalori I dengan asupan kalori perhari 1200 kalori, jenis ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat namun beresiko tubuh kekurangan vitamin B kompleks. 
  2. Diet rendah kalori II dengan asupan kalori 1500 kalori terbukti efektif menurunkan berat badan. 
  3. Diet kalori golongan III dengan asupan 1700 kalori/hari, diet golongan ketiga asupan kalorinya lumayan banyak sehingga harus diimbangi dengan olahraga teratur agar lebih efektif menurunkan berat badan.
Dari ketiga jenis ini. Diet golongan II paling banyak dilakukan karena tidak terlalu sedikit sehingga tidak menimbulkan rasa terlalu lapar bagi yang menjalaninya.

Tips sukses diet rendah kalori
  • Konsultasi ke dokter Anda dan targetkan penurunan berat badan yang ingin dicapai.
  • Makan jangan tergesa – gesa dengan suapan tidak besar agar dapat mempengaruhi volume makanan.
  • Bila nonton tv dan membaca jangan sambil mengemil.
  • Hindari cemilan berkalori tinggi ( tinggi lemak dan tinggi gula) seperti gorengan, makanan bersantan, makanan cepat saji berlemak tinggi, biscuit, krim, cake, minuman manis, kue – kue manis berbahan tepung, coklat dan es krim. Walaupun dikonsumsi sedikit, bahan – bahan pangan ini berkalori tinggi.
  • Jika timbul rasa lapar dan belum saatnya makan, atasi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran karena bahan pangan ini kaya serat yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Batasi lemak/minyak/mentega/margarine dan gunakanlah low fat milk/dressing salad. Jangan mengolah bahan pangan dengan digoreng, gunakan metode memasak dikukus, direbus atau dipanggang. Metode memasak ini tidak menggunakan minyak sehingga meminimalkan konsumsi lemak.
  • Hindari sumber karbohidrat sederhana seperti gula, permen dan sirup. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi, roti, dan jagung, jenis karbohidrat ini lebih lambat diserap tubuh.
  • Jika membeli daging, pilihlah daging tanpa lemak, hindari jeroan, kulit dan pantat ayam. Bagian ini merupakan sumber lemak. 
  • Minta dukungan keluarga dan teman.
  • Olah raga teratur agar kelebihan lemak bisa dibakar.
  • Kontrol diri dan disiplin yang tinggi sangat mempengaruhi keberhasilan diet Anda.
  • Jangan ingat – ingat kegagalan diet di masa lampau dan berpikirlah positif untuk keberhasilan diet di masa selanjutnya.

II. TEKNIK SEDOT LEMAK (LIPOSUCTION)

Liposuction merupakan teknik mengeluarkan lemak tubuh dengan cara disedot. Tindakan ini juga bermanfaat untuk body contouring, yakni membuang lemak bagian tubuh yang tidak diinginkan, sehingga bentuk tubuh secara kosmetik lebih baik. Liposuction juga digunakan sebagai pengobatan kegemukan sehingga mengurangi penyakit – penyakit sistemis akibat kegemukan dan membuat kualitas hidup penderita menjadi lebih baik.

Mekanisme liposuction adalah sebagai berikut. Bagian tubuh yang akan dikeluarkan lemaknya diberi tanda. Setelah daerah tersebut steril, dibuat sayatan kecil (4 mm) untuk memasukkan kanula (jarum suntik tumpul panjang) guna memasukkan cairan bius lokal pada lemak. Setelah 15 menit, dilakukan penyedotan dengan menggunakan kanula yang lebih besar yang digunakan untuk suntikan. Tenaga sedot didapatkan dari mesin vakum atau tabung suntik (spuit) 60 cc.

Kelebihan teknik ini adalah efektif untuk menghilangkan lemak di bagian yang disedot. Lemak itu langsung keluar dari tubuh, bisa dilihat dan diukur volumenya. Sementara kerugiannya adalah harus dioperasi di kamar bedah.

Ada beberapa kemungkinan komplikasi yang terjadi pada tindakan liposuction. Secara umum komplikasi akibat pembedahan adalah infeksi,perdarahan, dan sumbatan pembuluh darah (tromboemboli). Sedangkan komplikasi akibat liposuction adalah kulit tidak rata, terjadi pengumpulan darah (hematoma), dan pengumpulan cairan serus (seroma). Selain itu dapat terjadi penimbunan cairan infus (intravena) yang berkumpul di paru – paru hingga menimbulkan bengkak pada paru (pulmonary oedema). Komplikasi yang paling ditakutkan adalah penyumbatan pembuluh darah oleh lemak (fat emboli) karena hal ini bisa mengakibatkan kematian jika terjadi penyumbatan pada daerah yang vital.

Kasus kematian pada liposuction sangat mungkin terjadi jika menggunakan bius total serta terlalu banyaknya lemak yang dibuang dalam satu saat (sesi pembedahan). Pada dasarnya setiap orang yang sehat jasmani dan rohani bisa mengikuti prosedur sedot lemak namun  sebelumnya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan  kelayakan kondisinya. Teknik yang sarat teknologi ini membutuhkan biaya yang cukup besar yaitu sekitar 10 – 15 juta rupiah dalam satu sesi. Syarat untuk pasien yang akan melakukan sedot lemak
  1. telah berusia 18 tahun.
  2. berbadan sehat dan fit.
  3. sudah menjalani program diet dan olahraga sehingga tersisa 10 – 15% kelebihan berat badan ideal.
  4. berat badan yang relative stabil dan menjalani pola hidup sehat.

Mereka yang sedang hamil, mengidap diabetes, penyakit infeksi, penyakit jantung dan pembuluh darah serta gangguan perdarahan tidak boleh melakukan prosedur ini. Begitu pula dengan  pasien yang keadaan umumnya buruk (gangguan jantung,paru, dan sebagainya). Pasien yang meminum aspirin (asam asetosalisilat) harus dihentikan 1 - 2 minggu sebelum pembedahan untuk menghindari perdarahan saat operasi. Bagi yang berusia 35 – 55 tahun atau yang pernah gemuk dan melahirkan, biasanya kondisi kulit sudah tidak elastis dan terdapat kelebihan kulit bahkan mungkin terdapat striae (guratan pada kulit) maka diperlukan tambahan prosedur lifting (penarikan) kulit.

Seseorang yang hendak menggunakan teknik sedot lemak ini harus mewaspadai efek sampingnya yaitu menjadikan kulit kurang rata. Tetapi itu semua tergantung operatornya sehingga harus menggunakan dokter terlatih. Secara umum teknik ini cukup aman apabila dokter mengikuti prosedur standar, membatasi cairan bius serta memperhitungkan banyaknya lemak yang dikeluarkan.

III. TEKNIK INJEKSI LEMAK

Metode injeksi lemak (mesolipolisis) merupakan metode untuk menghancurkan lemak dengan obat suntik di daerah tertentu dengan cara menyuntikkan zat pembakar lemak dan pengangkut lemak menggunakan jarum khusus yang sangat halus. Biasanya digunakan phosphatydyl-choline atau de-oxycolic acid. Teknik ini berasal dari Perancis dan ditemukan oleh DR. Michele Pistor pada tahun 1952 untuk menghancurkan lemak mesoderm di perut, pinggul, betis, paha, lengan atas, dan daerah sekitar payudara.  Bedanya dengan sedot lemak, pada suntik lemak, lemak tersebut tidak dikeluarkan. Tetapi dibiarkan hancur dalam tubuh. Di samping itu, prosesnya memakan waktu lama sehingga harus dilakukan berulang – ulang serta ada batasan area setiap kali suntik. Metode ini kurang praktis jika dibandingkan dengan liposuction.

Mesolipolisis mempunyai beberapa keuntungan yaitu :
  1. menghilangkan lemak langsung di lokasinya
  2. dapat membentuk siluet tubuh yang indah secara bertahap
  3. tak perlu dioperasi
  4. pasien dapat langsung pulang dan beraktivitas seperti biasa

Prosedur untuk melaksanakan mesolipolisis adalah sebagai berikut.
  1. konsultasi dengan dokter
  2. pemeriksaan kadar lemak, air, indeks massa tubuh, visceral fat, kebutuhan kalori per hari dengan alat khusus
  3. tubuh diberi krim antiselulit dan anti sakit
  4. terapi
  5. penggunaan bio slim infra merah
  6. pemberian petunjuk gizi dan obat pembakar lemak alami

Makan tapi tetap sehat, itulah filosofis yang ditawarkan mesolipolisis. Pasien dimotivasi dokter tentang gaya hidup sehat. Prinsipnya adalah bagaimana memilih makanan yang sehat. Misalnya mengganti nasi putih dengan nasi merah, mengganti snack dengan buah. Jadi tetap kenyang dengan makanan yang sehat. Oleh sebab itu, mesolipolisis dikombinasikan dengan olah raga dan pengaturan pola makan yang dibantu oleh ahli gizi dan dokter olah raga. Setelah gaya hidup sehat terbentuk, pasien tidak lagi tergantung dengan suntikan pembakar lemak. Terapi mesolipolisis biasanya dilakukan dalam rentang waktu 3 bulan dengan frekuensi 1 minggu sekali.

Setelah penyuntikan, pasien disarankan tidak berenang  atau melakukan spa dalam 2 – 3 jam. Aktivitas lain seperti fitness atau ke kantor dapat langsung dilakukan tanpa halangan. Jadi proses penyembuhan cepat, relatif aman, nyaman dan singkat. Biayanya 1 paket berkisar antara 5 – 7,5 juta dengan waktu terapi hanya 30 – 40 menit. Tidak ada batasan usia untuk terapi mesolipolisis. Di samping itu obat yang digunakan sangat aman tanpa mengandung doping dan disarankan menjalani terapi ini dengan dokter yang telah memperoleh sertifikat mesolipolisis karena mesolipolisis tidak diajarkan dalam ilmu kedokteran atau spesialis apa pun.

IV. TEKNIK PEMBEDAHAN

Teknik lain yang dapat digunakan adalah teknik pembedahan.  Pembedahan tidak pernah ditujukan untuk menurunkan berat badan. Tetapi untuk membentuk (shaping) badan sehingga tampil lebih ramping. Prosedur pembedahan yang dilakukan seperti operasi lainnya. Pasien harus dalam keadaan sehat tidak menderita penyakit kencing manis atau sakit jantung yang dapat membahayakan dirinya saat operasi.

Setelah pembedahan, keberhasilannya sepenuhnya tergantung pasien. Apakah pasien teratur dengan pola makan ataukah tidak. Yang penting pasien mempertahankan diet. Kalau tidak timbunan lemak pasti akan muncul lagi. Mengenai harga, semuanya tergantung pada banyak variable. Antara satu orang dengan yang lainnya pasti berbeda.

Ada beberapa pilihan pembedahan seperti laparoscopic adjustable gastric binding, vertical banded gastroplasty, roux-en-Y gastric bypass. Laparoscopic adjustable gastric binding merupakan tindakan bedah generasi mutakhir untuk menangani penderita dengan obesitas berat dimana hanya dengan membuat lubang/irisan kecil di perut (diameter 0,5 – 1 cm).

Dengan pita/plaster silicon yang dilekatkan seputar lambung bagian atas sehingga terbentuk satu kantng kecil. Apabila penderita makan, kantong kecil tadi akan cepat penuh dan ini akan memberikan sensasi kenyang. Pengosongan makanan dari kantong kecil tersebut akan secara pelan – pelan memlaui ikatan yang dibuat dan penderita tidak akan merasa lapar sampai beberapa jam.


V. TEKNIK LANGSING ALA IMPRESSION BODY CARE

Untuk merampingkan badan ada 3 jenis metode yang ditawarkan pada tempat ini. Ketiga metode tersebut adalah detoksifikasi, penghancuran selulit dengan menggunakan mesin ‘Cellu M6’ dan body wraping. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan ketiganya sekitar 2 jam, minimal 2 - 3 kali seminggu. Jika sudah mencapai hasil yang diinginkan bisa mengurangi frekuensinya, misalnya jadi 1 kali seminggu.

Di Impression, ada juga teknik elektro sauna yang berfungsi untuk membakar kalori dan menghancurkan lemak dalam tubuh. Metodenya dengan menggunakan selimut panas dengan kontrol panas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum melakukan semua teknik ini terlebih dahulu dilakukan tes lemak untuk mengetahui kadar lemak dalam tubuh. Keuntungan dari metode ini adalah selain mengatasi obesitas atau mendapatkan tubuh yang ramping juga bias mengencangkan sehingga tubuh bisa ramping tanpa menggelambir. Di samping itu membuat permukaan kulit tampak lebih halus.

Keuntungan lainnya dengan Impression seseorang tidak perlu lagi melakukan olahraga sebab jika melakukan olah raga maka efek dari metode ini membuat otot menjadi besar. Jadi cukup praktis karena tidak lagi memerlukan olah raga lagi.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan antara lain disiplin, faktor genetic, pola makan teratur. Juga tergantung metabolisme seseorang. Jika usia remaja atau belasan tahun maka hasil yang didapat akan lebih maksimal. Sebaliknya pada usia 40 tahun ke atas metabolisme seseorang mulai menurun sehingga hasilnya kurang maksimal.

Harganya bervariasi sebab tiap orang berbeda – beda kondisinya tergantung dari kondisi tubuhnya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang ideal juga tergantung individunya. Hal – hal yang harus dilakukan setelah mencapai berat badan ideal versi Impression adalah :
  1. mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari
  2. menghindari kebiasan – kebiasan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol agar metabolisme tubuh tidak terganggu.

VI. AKUPUNKTUR


Salah satu metode untuk mengatasi obesitas yang kini mulai menarik perhatian adalah akupunktur. Penggunaan metode ini sebagai salah satu alternative untuk membantu program pengurangan berat badan dan telah terbukti sangat efektif serta tanpa efek samping. Khusus mengenai penanganan obesitas, akupunktur memang menjadi salah satu pilihan terapi. Para dokter ahli akupunktur yang telah melakukan berbagai riset menyimpulkan bahwa akupunktur pada telinga memberikan efek yang baik untuk menangani masalah obesitas.

Dari sekian banyak titik akupunktur telinga yang digunakan, titik lapar (T18/dekat daun telinga) adalah yang paling efektif. Penekanan jarum pada telinga merangsang ramus auricularis dari nervus vagus (terkait dengan istilah meridian dalam dunia akupunktur,dimana setiap organ mempunyai hubungan). Dari nervus vagus kemudian disalurkan ke cabang2 yang mempengaruhi sistem gastrointestinal atau sistem pencernaan bagian atas. Metode ini akan menekan kontraksi otot sehingga keadaan lambung menjadi tenang akibatnya rasa lapar berkurang.

Mekanisme metode ini yaitu memakai jenis jarum telinga (press needle) yang direkat dengan plester karena terdiri dari jarum – jarum kecil. Kemudian penderita diminta memegang jarum selama 2 – 3 menit pada saat lapar, setengah jam sebelum makan sebanyak 3 kali sehari.

Dengan tindakan tersebut orang akan lebih mudah menahan lapar. Untuk melakukan evaluasi keberhasilan dilakukan satu minggu sekali. Evaluasi respon subyektif dinilai seberapa banyak rasa lapar berkurang. Sedangkan respon obyektif yang diukur adalah seberapa besar penurunan berat badan yang terjadi.

Keberhasilan akupunktur untuk mengatasi obesitas sangat bervariasi antara orang yang satu dengan yang lain. Rata – rata antara 2 – 10 kg per 1 paket atau 12 kali dating. Pengaturan diet dan olahraga sangat dianjurkan untuk keberhasilan program.

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “ANEKA METODE UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN”