Dari keempat bahaya bisa ular yg telah dijelaskan pada tulisan sebelumna,semuanya bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat.. Pertolongan harus dilakukan secepat mungkin sebelum racun menyebar ke seluruh tubuh.. Berikut ini merupakan hal - hal yang harus segera dilakukan untuk pertolongan pertama gigitan ular..

Mintalah pertolongan segera untuk membawa penderita ke rumah sakit terdekat dan menyediakan serum antibisa ular.. Penderita diistirahatkan dalam posisi horizontal terhadap gigitan.. Penderita dilarang berjalan dan tidak boleh meminum minuman beralkohol.. Jika terlalu banyak bergerak dapat menyebabkan racun lebih mudah diserap tubuh.. Balutlah luka dgn kain dan pada daerah di atas luka ikatlah dgn kain atau tali namun jangan terlalu kuat karena ikatan yg terlalu kuat dapat menyebabkan aliran darah terhambat yg mengakibatkan kerusakan jaringan lainnya.. Tujuan ikatan adalah untuk menahan aliran limfe bukan menahan aliran vena atau arteri.. Tindakan mengikat ini kurang berguna jika dilakukan >30 menit setelah digigit.. Selama menunggu pertolongan,usahakan agar pasien tetap tenang karena jika panik dapat menyebabkan jantung berdetak lebih kuat dan mempermudah penyebaran racun dalam tubuh.. Ular yg menggigit sebisa mungkin ditangkap dan dibawa ke rumah sakit agar dapat diidentifikasi sehingga diketahui jenis racunnya..

Ada beberapa hal yang harus dihindari dan tidak boleh dilakukan pada luka bekas gigitan ular.. Jangan membuat sayatan di sekitar luka karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan infeksi dan racunnya pun tidak berkurang.. Jangan mengompres dengan es karena racun ular tetap aktif pada suhu dingin dan hal ini malah dapat menyebabkan kerusakan jaringan akibat dingin.. Jangan menyedot bekas luka karena tidak terbukti membantu bahkan dapat membahayakan.. Jangan menyiram atau meminumkan alkohol pada penderita karena dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar dan meningkatkan penyerapan racun..

Semoga tulisan ini bermanfaat,amiinn.. Sumber pustaka majalah Dokter Kita edisi Juli 2006 dan Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam FKUI jilid 1 edisi IV.. Yg benar datangna dari Alloh dan yg salah dari kekhilafan Mei sebagai manusia,harap dimaklumi dan dimaafkan..

0 comments to “Pertolongan Pertama Bila Digigit Ular”