Banyak iklan yang menggunakan dokter atau "peran dokter" sebagai salah satu strategi pemasaran produk bahkan kadang dilengkapi pula dengan hasil penelitian dari badan penelitian bonafid.. Padahal bila para ahli kesehatan memberi penilaian terhadap produk2 yang menggunakan "bukti2 ilmiah" sebagai strategi pemasarannya maka dianggap merupakan suatu pembodohan massal karena secara ilmu kedokteran produk2 tersebut tidaklah sebagus yang dipromosikan bahkan cenderung menyesatkan.. Lalu mengapa banyak dokter yang rela menjadi bintang iklan pada produk2 menyesatkan itu ? Bukankah itu akan semakin memperparah kerancuan yang tercipta ?

Pada salah satu majalah kesehatan yang populer,saya membaca opini seorang dokter yang sering menjadi bintang iklan.. Beliau berkata bahwa dia hanya menjadi bintang iklan yang memang iklan itu sendiri sudah dibuktikan secara ilmiah.. Masih mengutip dari majalah tersebut,menurut Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Dr.Broto Warsito,MPH tidak ada larangan bagi para dokter untuk menjadi bintang iklan suatu produk karena itu hak asasi dokter sebagai warganegara untuk menjadi bintang iklan,ASALKAN IKLAN TERSEBUT TIDAK MENGGUNAKAN PERNYATAAN DAN HAL-HAL LAIN YANG TERKAIT DENGAN PERNYATAAN DOKTER.. Peraturan yang lebih jelas terdapat dalam keputusan Menkes No.368/MEN.KES/SK/IV/1994 yang mengatur tentang pedoman periklanan obat bebas,obat tradisional,alat kesehatan,kosmetika,perbekalan kesehatan rumah tangga,makanan dan minuman. Dalam pasal 9 diputuskan bahwa IKLAN OBAT TIDAK BOLEH DIPERANKAN OLEH TENAGA PROFESI KESEHATAN ATAU AKTOR YANG BERPERAN SEBAGAI PROFESI KESEHATAN ATAU MENGGUNAKAN SETTING YANG BERATRIBUT PROFESI KESEHATAN DAN LABORATORIUM.. Peraturan ini tidak membedakan apakah obat yang digunakan sudah melewati uji klinis atau belum,artinya untuk semua obat tidak dibenarkan untuk menggunakan dokter atau orang yang berperan sebagai dokter menjadi model iklan.. Bila sudah ada peraturan yang jelas seperti itu mengapa selama ini tidak ada tindak lanjut yang tegas terhadap masalah tersebut ? Harusnya departemen kesehatan dan pengurus IDI melakukan pengawasan ketat serta mensosialisasikan nilai ilmiah kedokteran yang benar agar masyarakat dapat berpikir logis dan kritis terhadap iklan2 yang menyesatkan.. Seorang dokter masih dianggap sebagai "orang yang paling tahu",sehingga sebagian besar masyarakat akan mengikuti tanpa meneliti lebih lanjut tentang produk yang diiklankan oleh karena itu peran serta para elite kesehatanlah yang dibutuhkan agar bias informasi di masyarakat dapat diatasi dan tidak merugikan masyarakat sendiri..

Category: Labels: | 2 Comments

2 comments to “Dokter dan Iklan "Produk Sehat"”

  1. JANGAN KAGET. IT’S FREE & TRUE

    Tag: Website blog situs web homepage
    Judul: Program gratis untuk pemilik website / blog

    • Super Scriptor: Kumpulan kode program (script) untuk 35 jenis aplikasi yang berbasis Java. Simple. Tinggal copy paste, simpan di laman web. Kami memakainya karena terbukti fast, simple but powerful!

    • Image Editor: Editor grafik untuk kutak-katik gambar, bisa disimpan dalam file GIF, JPG atau BMP, support separasi warna RGB dan CMYK. Bisa dikembangkan untuk membuat entitas usaha. Cool & simple!

    • Photo Styler: Membuat koleksi foto anda menjadi lebih bervariasi. Bisa brush, cutout dan stencil (menambah teks). Bisa dikembangkan untuk membuat kartu ucapan selamat atau galeri. Fast & steady!

    • Chat Watcher: Sambil browsing internet, anda bisa mengawasi page dan visitor sekaligus mengontak mereka untuk open chat. Atau sekadar memata-matai tindak-tanduk mereka tanpa disadari. Live & audio support. Great!

    • Kode HTML warna: Anda tidak puas dengan kolorisasi (pilihan warna) yang ada pada homepage anda? Bisa dirubah dengan mengambil patokan dari tabel kode HTML warna, untuk tabulasi dan fontasi.

    • Tag mesin pencari: Bingung homepage anda tidak muncul di mesin pencari? Pakai pembuat tag mesin pencari, kustom atas nama anda sendiri.

    • Warung Web: Program ini sangat sederhana dan mudah di-install, tak perlu database server (SQL), berbahasa Java, easy to customize. Tinggal ganti teks dan gambar. Fast & easy!

    • Chess Star: Banyak orang bisa main catur. Kenapa tidak sediakan fasilitas catur di website anda untuk menambah tingkat kunjungan. Manual mudah dipahami, cute & simple!

    • Iklan Baris: Ingin menjadikan website anda portal iklanbaris? Pasang program ini. Tersedia dalam dua model script, basic & medium. Pilih sesuai skill anda. Cool & friendly!

    • And more…

    Catatan: Fasilitas di atas hanya untuk anggota Persbiro SiteMasters Club (PSC). Untuk bisa mendapatkannya, Anda harus harus lebih dulu bergabung dengan PSC.

    lanjut: http://www.persbiro.com


    Tag: Desain logo banner kartu e-card brosur
    Judul: Sentra desain: cepat, tepat & kilat

    • Bikin Logo: Mendesain berbagai macam logo, generik dan eksklusif untuk bisnis atau klub.
    • Pesan Banner: Mendesain banner untuk website dan bisa di-blowup untuk banner outdoor.
    • Desain Kartu: Mendesain bermacam kartu, juga bisa dipakai untuk e-card.
    • Rancang Brosur: Mendesain brosur, flyer dan promo items lain untuk event tertentu.

    lanjut: www.persbiro.com


    Tag: Bikin desain situs toko online development domain
    Judul: Web design & development: fast, friendly & functional

    • Brochure Web: Menjadikan website sebagai brosur elektronik atau digital flyer. Detil produk dan jasa digelar di sini, selain company profile.

    • Kios Online: Brosur web yang dilengkapi dengan daftar harga, keranjang belanja (shopping cart) dan konfirmasi pembayaran.

    • Portal Dinamis: Segala macam fitur web (CMS) bisa dimuat di sini mulai dari news, forum, iklan baris, chatting, AV, member register & log.

    • Dotcom Blog: Blog dengan domain sendiri (www.anda.com). Seting bisa langsung hosting server atau via blog gratisan yang ada.

    • Bomber Mailer: Hari gini kirim email masih manual? Program ini, sekali klik langsung kirim ratusan bahkan ribuan address. Tersedia 2 model, direct & proxy. Amazing!

    lanjut: http://www.persbiro.com

    Dukung industri kreatif Indonesia, cintai produksi dalam negeri
    (Forward ke kerabat dan sahabat / simpan jika sewaktu2 perlu)

  1. Wew wew wew thx bwt infona pak hehee
    nanti akan Mei check