Jiaahhh elah kumat lg neh perut uhuhuhuu dari jam 1 malem td mpe jam 4.30 dah da 4x bolak balik k WC aarrrgghhh cape tau n kurang tidur pula grrrhhhh !!! Enakna minum obat ga yah hmmm nti ja dweh,tunggu 3x lg..

Sbenarna apa c diare ntu ?? Menurut buku2 kdokteran yg gw baca c katana pngeluaran feses scara cepat dgn frekuensi blebihan dan dlm bentuk encer atw cairan.. Frekuensi yg sudah bisa dmasukkan kategori diare jika lebih dari 5x,wew b'arti gw kurang 1 dunx jd g bs dsbut diare hehee.. Bdasarkan lamana tjadi diare maka diare tbagi 2,menurut World Gastroenterology Organisation Global Guidelines (WGOGG) 2005, jika blangsung <15 hari maka tmasuk diare akut sedangkan >15 hari tmasuk diare kronik.. Di luar negeri dikenal diare persisten yaitu diare yg blangsung selama 15-30 hari yg merupakan kelanjutan dari diare akut.. Sedangkan bdasarkan penyebab dikenal diare infektif bila penyebabna infeksi,diare organik bila ditemukan penyebab anatomik,bakteriologik,hormonal atau toksikologik dan diare fungsional bila tidak dpt ditemukan pnyebab organik..

Yg gw bahas skrng dfokuskan pd diare akut.. Penyebab diare bisa bmacam2, WGOGG mbagina menjadi 4 yaitu : bakteri,virus,parasit dan non infeksi.. Kategori tsb bisa dperinci sbg berikut yaitu : kuman masuk scara enteral dan parenteral.. Enteral artina melalui saluran pcernaan yg dmulai dari mulut sedangkan perenteral berarti masuk melalui jalan slain saluran cerna,misalna lewat cairan tubuh sperti darah dan cairan kelamin atw melalui plasenta serta ASI.. Scara enteral biasana bakteri,virus,parasit,cacing dan jamur masuk ke dalam tubuh sedangkan scara perenteral bisa dikarenakan kuman pnyebab infeksi penyakit lain sperti Otitis Media Akut/Radang Telinga Tengah Akut dan pneumonia (salah satu pnyakit paru2),bisa juga karena bpergian k daerah2 yg sedang tjadi wabah diare atau daerah yg tingkat pnyebaran diarena tinggi,biasana disebabkan oleh kuman Escherecia coli,Giardia lamblia,Shigella,Entamoeba histolytica.. Selain itu,perenteral bisa tjadi karena kracunan makanan yg mengandung logam dan bakteri phasil racun dlm tubuh sperti Clostridium perfringens,Bulgarius cereus,Streptococcus aureus,Streptococcus anhaemolyticus.. Bisa jg karena alergi makanan ttentu,gangguan pcernaan dan pnyerapan makanan ttentu seperti karbohidrat,lemak dan protein atau karena daya tahan tubuh yg kurang akibat penyakit sperti hipogamaglobulinemia,panhipogamaglobulinemia = kedua penyakit tsb karena sistem imun kkurangan atau kadar gama globulin rendah dalam darah ; penyakit granulomatose kronik (penyakit klainan pada darah) ; defisiensi/kkurangan IgA (imunoglobulin A) ; imunodefisiensi IgA kombinasi berat.. Slain itu bisa karena terapi obat sperti antibiotik,kemoterapi dan antasid ; tindakan ttentu sperti gastrektomi,gastroenterostomi (pengangkatan lambung), dosis tinggi terapi radiasi ; akibat penyakit ttentu sperti sindrom Zollinger-Ellison dan neuropati autonomik/diabetik ; dan terakhir karena stres..

Banyak bgt kan pnyebabna makana ada k'adaan yg beresiko tinggi serta kelompok resiko tinggi yg mungkin m'alami diare infeksi misalna karena baru saja bepergian ke negara bkembang,daerah tropis, yg biasana diderita pada pekerja yg bekerja pd kelompok pdamaian,pekerja sukarela,maupun pada orang yg sering bkemah.. Slain utk orang yg sedang memakan makanan atau keadaan makanan yg tdk biasa jg beresiko tinggi,misalna makan makanan laut mentah,makanan restoran atw fast food,maupun saat piknik.. Para homoseksual,pekerja seks dan pguna obat intravena beresiko tkena diare akibat sindrom usus homoseks/Gay Bowel Syndrome dan AIDS.. Orang2 yg baru saja mgunakan obat antimikroba pd institusi kjiwaan/mental,rumah perawatan, dan rumah sakit juga beresiko tinggi tkena diare.. Dapat jg tjadi pnularan dari binatang peliharaan k manusia dan pnularan melalui air saat di pemandian umum.. Mekanisme utama tjadina diare bisa berupa peningkatan tekanan osmotik intralumen dari usus halus yg disebabkan oleh obat2/zat kimia hiperosmotik sperti pd obat2 maag atau karena adanya kelainan maupun gangguan penyerapan pd usus.. Diare yg tjadi disebut diare osmotik.. Mekanisme slanjutna adalah peningkatan sekresi/pengeluaran air dan elektrolit dari usus shingga menurunkan absorpsi/penyerapanna.. Disebut sbg diare sekretorik dgn ciri khas volume tinja yg banyak sekali.. Diare tipe ini akan tetap blangsung walaupun dilakukan puasa makan/minum.. Penyebab diare ini adalah enterotoksin pd infeksi Vibrio cholerae atau Escherichia coli,penyakit yg mhasilkan hormon (VIPoma),reseksi/bedah ileum (gangguan absorpsi garam empedu) dan efek obat laksatif/plancar BAB.. Selanjutna adalah mekanisme karena cacat bawaan/kelainan (defek) sistem ptukaran elektrolit di dalam sel tubuh sehingga garam natrium dan kalium mengalami gangguan transportasi dlm sel.. Wew kurang neh karakterna berarti bsambung dunx hehee.. Maaf2 ja yah kl tulisanna agak mbingungkan maklum posting pdana ttg kul gw neh hahaa.. Lanjuuttt,next !!!

0 comments to “Diare (part 1)”