Tahi lalat atau andeng2 merupakan hal biasa yg sering ditemukan pada kulit manusia normal. Dalam istilah kedokteran,andeng2 disebut nevus. Nevus timbul akibat pajanan sinar matahari terhadap kulit yg mengakibatkan bagian kulit tertentu terjadi peningkatan pigmen melanin berlebih. Nevus dpt berubah menjadi suatu keganasan/kanker akibat pajanan berulang sinar matahari. Pada individu yg memiliki bakat kanker kulit,sinar matahari terutama sinar ultraviolet B dapat menjadi pemicunya.

Ada 3 jenis keganasan nevus yaitu melanoma maligna,karsinoma sel basal,dan karsinoma sel skuamosa. Melanoma maligna merupakan jenis paling berbahaya dan ganas karena paling cepat menyebar. Ciri khas gejala melanoma yaitu :
Asymmetry (bentuk nevus tidak asimetris),
Border irregularity (tepi tak beraturan),
Color variegation (warnanya bermacam2),
Diameter >0,6 cm,
Evolution (perubahan menjadi gatal,pedih,nyeri,berkerak,dan mengeluarkan cairan).

Tipe karsinoma sel basal sangat jarang menyebar tapi bisa membesar dan menembus otot dan saraf di bawah kulit dan permukaannya berkilat. Karsinoma sel skuamosa mempunyai ciri khas warna yg tak terlalu hitam. Untuk memudahkan pemeriksaan sendiri maka curigailah bila nevus berubah menjadi koreng atau luka,cepat membesar,berubah warna,berubah bentuk serta permukaan dan tepinya bergerigi. Berikut ini faktor resiko yg perlu diwaspadai :
* individu berkulit terang,karena jumlah melanin sbg pelindung kulit sedikit dimiliki
* individu dgn jumlah nevus yg banyak
* sering berjemur
* adanya riwayat keluarga yg mengidap kanker kulit.

Nevus yg berambut belum tentu ganas tapi bisa berubah menjadi ganas. Utk memastikan nevus merupakan kanker harus dilakukan pemeriksaan biopsi. Satu2nya terapi yg dapat dilakukan adalah bedah pengangkatan total (eksisi) nevus dan kulit sehat di sekelilingnya dgn jarak tertentu. Makin dini eksisi dilakukan maka hasilnya makin bagus bahkan bisa sembuh 100%. Jika sudah menyebar maka dibutuhkan radiasi dan kemoterapi. Tahi lalat yg sudah diangkat dapat tumbuh lagi jika pengangkatan yg dilakukan tidak menyeluruh. Kekambuhan biasanya terjadi pada jenis melanoma karena sifatnya yg invasif (cepat menyebar).

Tindakan pencegahan yg dapat dilakukan antara lain menggunakan payung dan tabir surya saat berada di luar ruangan dan matahari bersinar terik,pakailah baju panjang agar terhindar dari efek buruk matahari,jangan berjemur antara jam 9 pagi hingga jam 4 sore karena sinar matahari pada waktu tersebut tidak aman bagi kulit. Semoga tulisan ini bermanfaat,amiinn. Sumber pustaka dari catatan kuliah dan diktat patologi anatomi FKUNPAD 2004.

0 comments to “Bahaya dibalik Tahi Lalat (Andeng-Andeng/Nevus)”