Tulisan ini akan mengulas sedikit ttg efek samping dari kemoterapi dan beberapa cara penanganannya.. Ulasan yg disajikan memang sangat terbatas dan banyak kkuranganna,namun dharapkan mudah2an dpt mbawa manfaat walaupun kecil,amiinn.. Efek samping pertama yg akan dibahas adalah mual-muntah.. Mual adalah sensasi yg tidak mnyenangkan di perut n dpt diikuti oleh muntah.. Muntah merupakan refleks utk mngeluarkan isi perut melalui mulut.. Penyebab mual-muntah b'aneka ragam,diantarana adalah karena pgunaan bberapa obat kemoterapi dan pgunaan obat lainna ; rasa takut mhadapi kemoterapi atw pngalaman buruk dgn kemoterapi sblumna ; penyakit di saluran cerna,susunan saraf dan infeksi ; konstipasi dan diare ; nyeri kronik ; klelahan.. Mual-muntah dpt diatasi dgn mgunakan obat dan tanpa obat.. Mengatasi muntah tanpa obat bisa dgn cara intervensi (perubahan) nutrisi misalna dgn makan dan minum sedikit tapi sering ; minum stiap muntah ; mhindari makanan yg bbau,bminyak,blemak,bbumbu pedas,tlalu manis,panas,dan b'aroma jeruk ; makan makanan yg dingin,kering dan pada temperatur ruangan ; minum teh b'aroma mint atw jahe.. Selain itu dpt juga dgn cara akupuntur jika Neutrofil dan trombosit normal,relaksasi otot,terapi dgn musik,mgunakan pakaian yg longgar serta mhindari b'olahraga dan bbaring stelah makan..

Efek samping yg kedua adalah mielosupresi,yaitu gangguan pd proses regenerasi dan produksi sel2 darah.. Yg tjadi adalah anemia pd sel darah merah dgn kadar hemoglobin <12 mg/dL,leukopenia pd sel darah putih dgn kadar leukosit <4000 sel/mm kubik,trombositopenia pd keping2 darah dgn kadar trombosit <150.000 sel/mm kubik.. Tanda2 tjadina anemia yaitu lemas,pusing,sakit kepala,sesak,jantung bdebar2,kulit pucat.. Cara menangani anemia dgn meminum suplemen yg banyak mengandung zat besi dan obat2an eritropoentin.. Selain obat perilaku juga harus dijaga yaitu dgn tidur cukup,mngurangi olahraga berat,makan makanan yg mengandung zat besi tinggi pada sayur hijau,hati,dan daging merah,mcukupi kbutuhan air putih,mhindari kopi.. Pderita leukopenia akan rentan thdp infeksi oleh krn itu perlu mwaspadai tanda2na yaitu demam,batuk,sesak,nyeri dada,nyeri tgorokan,gusi bengkak,nyeri saat kencing,diare,kmerahan pd kulit.. Yg harus dperhatikan adalah mjaga kbersihan dgn rajin mcuci tangan pd air yg mengalir dan pgunaan antiseptik sblum makan,mhindari bdekatan dgn orang yg t'infeksi sperti pd orang yg sedang sakit dan baru divaksinasi,dan hanya makan makanan yg tlah dimasak matang.. Apabila ingin mkonsumsi sayuran mentah maka cuci bersih dan dibilas dgn air matang.. Pada pderita trombositopenia maka resiko tjadi pdarahan akan mningkat shingga sering dtemukan kmerahan di kulit,gusi bdarah,mimisan,luka bdarah dan sulit bhenti,air seni bwarna gelap,BAB bdarah,dan menstruasi mmanjang.. Yg harus dphatikan yaitu mjaga kbersihan gigi dan mulut,tidak batuk atw mbuang ingus tlalu keras,tidak mngedan saat BAB,tidak mgunakan alat cukur listrik,tidak mgunakan obat tanpa spengetahuan dokter.. Saat mgosok gigi harus plahan dan tidak mgunakan dental floss,tidak mgunakan mouthwash yg mengandung alkohol,mgunakan lipbalm jika bibir kering.. Tanda bahaya trombositopenia yaitu : pdarahan tidak bhenti stelah dtekan 10-15 menit,air seni bdarah atw bwarna gelap,BAB bdarah/hitam,pandangan kabur,sakit kpala hebat,ksadaran mnurun,pasien mjadi bingung/delirium,pasien bnyak tidur..

Slanjutna adalah fatigue/klelahan yg pnyebabna blm pasti tp ada kmungkinan karena anemia,mderita kanker kolorektal dan lambung,tkait dgn faktor biologis,psikologis,sosial,personal dan emosional.. Ada bberapa tips utk mengatasi fatigue yaitu : berolahraga ringan,tidur cukup,mlakukan aktivitas yg disukai,tidak mmaksakan tubuh mlakukan kegiatan jika sudah tidak mampu,makan cukup,bgizi dan mhindari makanan blemak tinggi,mlakukan terapi alternatif sperti pijat,relaksasi,meditasi,yoga..

Tidak semua obat kemoterapi mnyebabkan rambut rontok oleh karena itu pderita harus diberitahu ttg efek samping obat ini.. Disarankan utk mgunakan wig atw plindung kpala shingga tidak mnimbulkan gangguan kpercayaan diri dan emosi..

Efek samping t'akhir adalah sariawan yg sangat mengganggu krn nyeri dan mnimbulkan masalah saat makan serta bresiko utk tkena infeksi.. Sariawan dpt diobati dgn obat anti nyeri,anti jamur dan anti virus.. Bisa jg bkumur dgn air garam/baking soda,jangan mouthwash yg mngandung alkohol.. Makanlah makanan yg lunak,tidak mengiritasi,asin,asam dan pedas,makan makanan dingin atw pada suhu ruangan,banyak minum serta sikat gigi minimal 4x/hari dgn mgunakan sikat yg lembut..

Yg harus diingat adalah EFEK SAMPING KEMOTERAPI HANYA SEMENTARA.. Bila obat dhentikan maka efek samping akan bhenti dan tidak tjadi lagi..

0 comments to “Efek Samping Kemoterapi”