Vesselplasty merupakan teknik bedah minimal invasif pada tulang belakang yang bertujuan mengembalikan tinggi tulang yang ambruk dan memperkuatnya dengan cara menyuntikkan semen tulang memakai container PET. Vesselplasty merupakan terapi pengobatan pada kasus patah tulang belakang yang memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Pada terapi pengobatan dan penyembuhan ini, tak akan ditemui rasa nyeri karena pasien hanya mendapat bius lokal. Prosedurnya pun tak sampai berdarah-darah.

Selain itu, selama terapi, pasien dan dokter dapat saling berbincang sehingga bila ada jarum yang salah sasaran bisa langsung dirasakan pasien dan diberitahukan kepada dokter. Ketika jarum mengenai saraf, pasien akan merasakan seperti tersetrum dan dokter pus dapat segera mengubah arah jarum ke tempat yang tepat. Pada teknik ini, semen tulang disuntikkan ke dalam container sehingga mencegah kebocoran ke rongga saraf.

Prosedur terapi ini adalah penyuntikan pada tulang patah menggunakan jarum khusus 8 gauge. Pada jarum ini dimasukkan semacam balon yang terbuat dari polietilen dengan pori-pori sebesar 100 mikron. Selanjutnya, ke dalam balon/container tersebut, disuntikkan semen tulang khusus dengan tekanan tertentu yang dapat diatur. Tekanan yang sama besar tersebut akan dihantarkan ke segala arah di dalam balon sehingga dapat digunakan untuk mendongkrak tulang yang pipih ke bentuk semula. Semen tulang pun akan mengeras dalam waktu 20-30 menit.

Teknik ini hanya dapat diterapkan ketika kasus patah tulang belum berlangsung lebih dari 3 bulan. Bila lebih dari waktu tersebut, tulang sudah terbentuk jaringan baru sehingga sulit untuk diperbaiki.

Proses terapi ini hanya berlangsung setengah jam dan dalam waktu 2 jam setelah penyuntikan, pasien sudah dapat duduk, berdiri, bahkan berjalan tanpa alat bantu. Satu hari setelah tindakan, pasien dapat melakukan aktivitas sehari-hari kecuali membungkuk dan mengangkat beban selama 3 bulan.

Keuntungan lain dari vesselplasty adalah adanya penambahan kalsium fosfat pada saat penyuntikan sehingga tulang menjadi kuat dan memicu regenerasi sel-sel tulang. Inilah kelebihan vesselplasty dibandingkan teknik bedah tulang lainnya seperti vertebroplasty dan balloon kyphoplasty. Vesselplasty mampu menyambung tulang dan anatominya serta merangsang pembentukan tulang baru di sekitar tulang sehingga struktur tulang akan menjadi lebih kuat.

0 comments to “Vesselplasty, Terapi Patah Tulang Belakang”