Dakwah bukannya tak melelahkan, bukannya tak membosankan, bukannya tak menyakitkan. Bahkan para pejuang risalah bukannya sepi dari godaan dan kefuturan. Justru kelelahan dan rasa sakit itu selalu bersama mereka sepanjang hidupnya, setiap hari. Akhirnya menjadi adaptasi. Dan rasa lelah itu yang akhirnya lelah untuk mencekik iman hingga luka tak kau rasa lagi sebagai luka. Hingga hasrat untuk mengeluh tak lagi menggoda.

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu [QS.Ibrahim:7]

Berkahi saudaraku ini ya Alloh. Jika dia sedang bokek maka mudahkan rizkinya. Jika sedang melamun, sadarkanlah. Jika sedang lapar, kirimkan orang yang akan mengajaknya makan. Jika sedang cemberut, buatlah tersenyum. Jika sedang dikejar-kejar kucing, jauhkan dan lindungilah. Jika sudah sangat ingin menikah, pertemukanlah dengan yang terbaik dariMu.

Dari sekian banyak orang yang mengaku mencintai Alloh, sebagian besar mundur ketika dimintai bukti. Hanya para mujahidin saja yang tetap tegak berdiri. (Zarqowi)

Perumpamaan orang-orang beriman dalam cinta mencintai, saling menyayangi, dan bantu membantu di antara sesamanya laksana sebuah jasad. Apabila salah satu bagiannya sakit, yang lain tiada bisa tidur di malam hari dan menggigil demam. ( HR. Muslim)

Kemuliaan manusia adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

Hidup adalah seni mengelola kemauan. Sebab pada dasarnya kita sendiri yang akhirnya memutuskan akan seperti apakah kita. Alloh sendiri telah menegaskan bahwa Dia tak akan mengubah keadaan kita sampai kita sendiri yang mengubahnya. Kemauan kita adalah kumpulan kehendak-kehendak yang harus kita bangun dari hari ke hari lalu bersama itu kita ubah menjadi tindakan yang membuat kita jauh lebih baik.

Darkness can’t drive out darkness, only light can do that. Hate can’t drive out hate, only love can do that. Leave the darkness and come to the light. Leave the hatred and give the love then the life would be beautiful more than you could imagine.

Hal jazaa ul ihsaani illal ihsaan. Tiada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula). [QS. Ar Rahmaan:60]

Tinggalkan apa-apa yang meragukanmu kepada apa-apa yang tidak meragukanmu. (HR. Muslim)

Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Alloh maka Alloh akan menyempurnakan hubunganNya dengan orang tersebut. (HR. Hakim)

Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar diantara kamu dan akan Kami uji perihal kamu. Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Rasul [QS. 47:31&33]

Sesungguhnya Alloh menguji kamu, siapa diantaramu yang paling baik amalnya [QS. 67:2]

Ya Rabb, eratkan pelukMu padanya ketika semua beban itu datang menghampirinya. Ya Rabb ringankan semua masalah-masalahnya. Ya Rabb, ku mohon dan ku pinta padaMu, berikan rizki yang terbaik untuknya. Ya Rabb, ridhoilah apa yang dicari dan didapatnya. Berkahi dan rahmatilah semuanya.

Ukhuwah tak mengenal kesudahan. Ia mengiringimu dalam hidup sebagai penyejuk, menyapamu dalam kesendirian yang melelahkan, dan menjagamu tetap dalam senyum. Ukhuwah adalah persaudaraan yang kekal. Ia tak mengenal kejenuhan. Ukhuwah selalu punya sesuatu untuk dibagi meski hanya sebuah nasehat atau sebait doa yang tak tampak.

Uang bisa dicari, pengalaman bisa digali tapi kejujuran tak mungkin dibeli. (Pak Guru Sardi, Existere : Sinta Yudisia)

Bagi hati yang berani dan percaya, tidak ada yang tak mungkin. Tetapi bagi hati yang penakut dan tak yakin, yang pasti pun akan diperlakukan sebagai yang tak mungkin. Itu sebabnya, kemungkinan kita hanya sebesar keberanian dan keyakinan kita.

Tatkala urat-urat di tubuh seperti tercabut satu persatu. Bermula kedua kaki menjadi dingin, lalu kedua betis, kemudian kedua paha. Masing-masing anggota tubuh mengalami rasa sakit pada saat itu, hingga sampailah nyawa di kerongkongannya. Pada saat itu pandangan terhadap dunia dan penghuninya mulai sirna, pintu taubat sudah tertutup. Tinggallah yang ada penyesalan dan kekecewaan mendalam menggelayuti diri. Saudaraku, sudah siapkah kita menjemput kematian ?

Ketika wanita menangis, itu bukan berarti dia sedang mengeluarkan senjata terampuhnya. Melainkan justru berarti dia sedang mengeluarkan senjata terakhirnya. Ketika wanita menangis, itu bukan berarti dia tidak berusaha menahannya, melainkankarena pertahanannya sudah tak mampu lagi membendung air matanya. Ketika wanita menangis, itu bukan berarti karena dia ingin terlihat lemah melainkan karena dia sudah tak sanggup berpura-pura kuat.

Jika Alloh menolong kamu maka tak ada orang yang dapat mengalahkanmu. Jika Alloh membiarkan kamu (tak memberi pertolongan) maka siapakah yang dapat menolongmu selain Alloh sesudah itu ? Karena itu hendaklah kepada Alloh saja orang-orang mukmin bertawakal [QS. Ali Imran:160]

Wanita sholehah harapan agama, mencipta rumahnya seindah surga, menjaga akhlaknya sebening mata, qona’ah selendangnya dalam rumah tangga, sejuk di kalbunya, tunduk pandangannya. (SP-Permata Dunia)

Ketahuilah, salah satu bencana terbesar adalah merasa baik-baik saja sesudah melakukan suatu dosa (Syaikh Ibnul Jauzy, Shaidul Khatir)

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, “Barangsiapa melepaskan seorang mukmin dari kesusahan hidup di dunia, niscaya Alloh akan melepaskan darinya kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan urusan (mukmin) yang sulit, niscaya Alloh akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat (HR. Muslim)

Setiap hari adalah pengurangan jatah usia kita. Setiap hari adalah amanah baru dari Alloh untuk semakin taat kepadaNya. Setiap hari adalah peluang baru untuk mendapatkan janji Alloh. Setiap hari adalah momentum baru untuk membangun kekuatan baru bagi jiwa dan iman, meraih kebahagiaan baru dengan cinta. Karena itu maka setiap hari kita memerlukan semangat baru, kesadaran baru, dan rencana baru. Banyak hal yang mendesak untuk kita perbaiki dalam cara berpikir dan cara hidup kita. Banyak hal yang kurang baik dalam akhlak kita yang mendesak untuk kita perbaiki. Banyak kotoran di hati dan otak kita yang mendesak untuk dibersihkan. Hari ini harus lebih baik dari kemarin. Allohu Akbar ! Hamasah !

Jika engkau dirundung ketakutan, ditimpa kesedihan, diterpa gelisah, berdirilah saat itu juga untuk sholat ! ruhmu akan meninggi dan jiwamu akan tenang.

Jadikanlah 3 hal sebagai sikapmu terhadap orang-orang mukmin :
- Jika tak bisa memberi maka jangan membahayakannya
- Jika tak bisa membahagiakannya maka jangan membuatnya bersedih
- Jika tak bisa memuji maka jangan mencacinya
(Yahya bin Mu’adz)

Category: Labels: | 2 Comments

2 comments to “Kumpulan Nasehat Teman 10”

  1. setiap manusia pst mersa lelah bla ia sdh tdk sngp lg mnjlni khdpan, krn khdpan adlh prjuangn bl ia tdk mau brush dan brjuang bgai mn ia bs melewti khdpan

  1. atapilo.. Dah ky sms ja disingkat2 gt wkwkwk.. Ternyata dah punya 2 blog tho hohoo, isi lg dunx mas

    makasie komentarnya, mudah2an bermanfaat. Amiin.

    Ternyata ga sepanjang 1 artikel hahahaa