Penyakit tiroid adalah penyakit ketika kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif atau kurang aktif dalam menghasilkan hormon tiroid. Jika hormon yang dihasilkannya lebih dari normal disebut hipertiroid. Sebaliknya apabila tiroid menjadi kurang aktif maka hormon yang dihasilkan tidak mencukupi kebutuhan tubuh dan membuat tubuh mengalami gangguan yang disebut hipotiroid.

Penyebab utama penyakit tiroid adalah proses autoimun yakni sebuah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang dan merusak kelenjar tiroid. Antibodi adalah zat yang dihasilkan tubuh jika ada benda asing masuk ke dalam tubuh misalnya kuman. Pada penyakit tiroid, manifestasinya bisa berupa adanya pembesaran kelenjar tiroid, baik yang hanya berupa benjolan maupun membesar seluruhnya.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang berbentuk menyerupai kupu-kupu dan terletak di tengah leher. Pada laki-laki, kelenjar tiroid berada tepat di bawah jakun. Kelenjar ini merupakan salah satu dari kelenjar endokrin terbesar di dalam tubuh manusia. Berat rata-rata kelenjar tersebut pada orang dewasa adalah 60 gram, dan dapat bertambah besar saat kehamilan. Kelenjar tersebut menghasilkan dua hormon tiroid yaitu triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4) yang mengatur tubuh untuk menyimpan dan menggunakan energi (fungsi metabolisme), membuat protein, mempengaruhi pertumbuhan dan fungsi sistem organ lain di dalam tubuh seperti pengaturan denyut jantung, gerakan usus, dan saluran cerna. 

Kerja kelenjar tiroid diatur oleh kelenjar lain yang disebut hipofisis, yang berlokasi di otak. Hipofisis memproduksi hormon perangsang tiroid/Thyroid stimulating hormon (TSH), yang merangsang tiroid memproduksi T3 dan T4. Selain menghasilkan hormone tiroid (T3 dan T4), kelenjar tiroid juga memproduksi kalsitonin, yang berperan dalam mengatur kadar kalsium dalam darah. 

Jika terdeteksi sejak awal maka tingkat kesembuhan penyakit ini baik. Namun karena penyebab dasarnya adalah gangguan autoimun maka penyakit ini sulit dicegah. Kendala dalam pengobatan adalah jika keluhan sudah menghilang maka kebanyakan pasien tidak mau datang untuk kontrol padahal hilangnya keluhan belum berarti sembuh. Jika pasien sudah sembuh dan kontrol teratur, maka akan cenderung sangat jarang kambuhnya.

Jika dokter sudah mendiagnosis penyakit tiroid, pasien jangan kecewa dan putus asa karena berobat secara teratur akan membantu pasien sembuh total. Jika keluhan sudah hilang, jangan berhenti berobat karena itu belum berarti sembuh. Pasien tidak perlu takut, hampir semua penyakit tiroid bisa dikontrol dan benjolan yang besar bisa dioperasi.

0 comments to “Penyakit Tiroid”