Meskipun sebagian besar benjolan pada tiroid merupakan kasus jinak, tetap diharuskan waspada terhadap kemungkinan keganasan. Tanda keganasan misalnya terdapat kesulitan bernafas atau menelan dan terasa ada benjolan di dalam kerongkongan. Selain itu terdapat tanda peningkatan hormon tiroid, misalnya penurunan berat badan secara mendadak meskipun nafsu makan masih normal. Jantung berdebar-debar, merasa cemas, sulit tidur, dan otot terasa lemas. Tanda keganasan lain adalah benjolan bertambah besar dalam waktu singkat, teraba pembesaran kelenjar getah bening pada daerah leher atau tanda penyebaran sel kanker di tempat lain, misalnya pada tulang.

Nodul tiroid cenderung bersifat ganas jika :
  • hanya ditemukan satu
  • scanning tiroid menunjukkan bahwa nodul tidak berfungsi
  • nodulnya padat, keras, dan isinya bukan cairan (kistik)
  • pertumbuhannya cepat.
Kanker tiroid adalah suatu keganasan pada tiroid. Meski begitu, kanker jarang menyebabkan pembesaran kelenjar dan lebih sering menyebabkan pertumbuhan kecil (nodul) di dalam kelenjar. Sebagian besar nodul tiroid bersifat jinak dan biasanya kanker tiroid dapat disembuhkan. Kanker tiroid seringkali membatasi kemampuan menyerap yodium dan membatasi kemampuan menghasilkan hormone tiroid tetapi kadang kanker menghasilkan cukup banyak hormone tiroid sehingga terjadi hipertiroidisme.

Kanker tiroid merupakan salah satu jenis keganasan yang harus bisa dideteksi sejak dini. Kanker tiroid lebih banyak diderita oleh wanita dengan tingkat keseringan 2-3 kali dibandingkan pria. Kanker ini merupakan tumor dengan pertumbuhan yang lambat. Angka kematian akibat kanker tiroid hanya 0,4% dari semua kematian akibat kanker, sebuah angka yang cukup rendah. Masalahnya adalah cara untuk menentukan metode yang tepat medeteksi kelainan yang timbul dan memastikan hal itu merupakan suatu keganasan. Hal ini penting karena banyak kelainan yang juga menyebabkan pembesaran pada tiroid.

Ada dua hal yang sering dikatakan berperan dalam timbulnya kanker tiroid. Penyebab pertama adalah radiasi. Penyebab kedua adalah endemic goiter yaitu pembesaran tiroid yang terjadi pada lebih dari 10% populasi masyarakat. Pada suatu penelitian disebutkan, pemberian garam beriodium pada daerah yang endemis endemic goiter dapat menurunkan angka kejadian kanker tiroid sehingga diduga memang ada hubungan antara endemic goiter dengan kanker tiroid.

Jenis Kanker Tiroid
1. Karsinoma Tiroid Papiliferum
Umumnya jenis ini tumbuh lambat. Biasanya terdapat pada usia kurang dari 40 tahun. Merupakan golongan terbesar dari kanker tiroid. Tumor dapat menyebar melalui sistem getah bening sampai ke paru dan tulang, juga bisa menyebar ke saluran napas sehingga menimbulkan sesak.

2. Karsinoma Tiroid Folikuler
Jenis kedua terbanyak setelah papiliferum tetapi bersifat lebih ganas. Dapat ditemukan pada semua umur tapi lebih banyak pada usia di atas. Penyebaran terutama melaui sistem pembuluh darah ke tulang, hati, dan paru-paru. Diduga berhubungan dengan keadaan endemic goiter.

3. Karsinoma Tiroid Meduler
Sering ditemukan pada usia 50-60 tahun. Disebut karsinoma solidum karena keras seperti batu. Penyebaran melalui sistem getah bening.

4. Karsinoma Tiroid Anaplastik
Perjalanan penyakit ini cepat dan biasanya fatal. Hanya dalam beberapa minggu/bulan sudah menyebabkan adanya keluhan akibat penekanan dan penyebaran tumor seperti sesak napas dan kesulitan menelan. Secara umum keadaan penderita cepat memburuk dan tumor dengan cepat menyebar jauh. Pada beberapa keadaan jenis ini berasal dari karsinoma papiler yang tidak diobati atau karsinoma papiler yang sudah diobati dengan radiasi.

Kecurigaan adanya proses keganasan (kanker) pada penderita dengan pembesaran kelenjar tiroid adalah :
  • pernah mendapat radiasi
  • laki-laki
  • pembesaran tiroid yang relatif cepat tanpa rasa nyeri
  • benjolan keras, batas tidak jelas, permukaan benjolan tidak rata
  • benjolan menempel dengan jaringan sekitarnya sehingga sulit digerakkan
  • gejala akibat penyebaran tumor pada daerah sekitarnya yakni suara serak, kesulitan menelan, sukar bernapas/sesak napas
  • terdapat pembesaran kelenjar getah bening pada leher
Pemeriksaan kadar tiroglobulin serum untuk kegansan tiroid cukup sensitif tetapi tidak spesifik karena peningkatan kadar tiroglobulin juga ditemukan pada tiroiditis, penyakit Grave’s dan adenoma tiroid. Pemeriksaan kadar tiroglobulin sangat baik untuk monitor kekambuhan karsinoma tiroid sesudah mendapatkan terapi. Pada pasien dengan riwayat keluarga karsinoma tiroid medulare, tes genetik dan pemeriksaan kadar kalsitonan perlu dikerjakan. Bila tidak ada kecurigan kea rah karsinoma tiroid medulare atau neoplasia endokrin multiple, pemeriksaan kadar kalsitonin tidak dianjurkan sebagai pemeriksaan rutin.

Pengobatan pilihan untuk kanker tiroid adalah dengan pembedahan yang umumnya berupa tiroidektomi total (pengangkatan kelenjar tiroid secara keseluruhan) Terapi dengan radiasi diberikan pada keadaan tumor yang tidak dapat dioperasi lagi atau setelah operasi masih tersisa jaringan tumor. Radiasi juga diberikan pada keadaan ketika sudah terdapat penyebaran kanker ke tulang, paru, dan organ lainnya serta pada jenis anaplastik. Kemoterapi tidak banyak berperan dan hanya diberikan pada jenis anaplastik setelah terapi radiasi.

Khusus mengenai endemic goiter yang disebabkan kekurangan asupan iodium, bila masih dalam tahap awal biasanya tidak memerlukan pembedahan. Akan tetapi biasanya pasien datang sudah dalam keadaan lanjut dimana benjolan pada leher sudah mengganggu secara kosmetik dan mekanik (menekan daerah sekitanya) sehingga sudah saatnya dilakukan pembedahan.

0 comments to “Kanker Tiroid”