Kemenangan yang sempurna adalah mengubah hati orang yang membencimu dengan segala kelembutan dan kebaikan hatimu. (Shalahudin Al Ayyubi)

Bertemanlah dengan semua tapi bersahabatlah dengan orang-orang yang berjalan menuju surga.

Perhatikanlah keadaan orang yang lebih rendah darimu dan janganlah kamu memperhatikan keadaan orang yang lebih tinggi darimu, yang demikian itu agar tak menganggap remeh nikmat Alloh yang diberikan padamu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah bersabda, 'Tak akan datang kiamat hingga waktu terasa amat pendek. 1 tahun serasa sebulan, 1 bulan serasa sejam, 1 jam hanya selama membakar pelepah kurma. (HR. Ahmad)

Saat aku tak paham maksud takdirNya, aku memilih untuk tetap yakin. Saat aku tertekan oleh kekecewaan, aku memilih untuk tetap bersyukur. Saat beberapa rencana hidupku gagal, aku memilih untuk tawakal. Saat putus asa melingkupiku, aku memilih untuk tetap melangkah. Apapun yang terjadi padamu, tetaplah yakin, bersyukur,tawakal dan teruslah melangkah. Karena Alloh sedang membentukmu menjadi sosok terbaik. Insya Alloh.

Barangsiapa berbuat sesuai petunjuk Alloh maka sesungguhnya ia berbuat itu untuk keselamatan dirinya sendiri. Barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya ia tersesat bagi kerugian dirinya sendiri. (Al Isra:15)

Dan apabila dikatakan kepada mereka ikutilah apa yang diturunkan Alloh maka mereka menjawab tidak. Kami mengikuti apa yang kami dapati dari nenek moyang kami. Padahal nenek moyang mereka tak mengetahui apapun dan tak mendapat petunjuk. (Al Baqarah:170)
Inilah gambaran manusia yang beramal tanpa ilmu. Semoga kita tak taqlid kepada sesuatu yang kita tak mengetahui ilmunya.

Aku mengenalmu lewat jiwa, bukan lewat mata. Aku menjadikanmu saudara lewat hati, bukan dengan kata. Aku tak tahu seperti apa aku dalam pandanganmu, selayak apa aku dalam ukhuwahmu tapi yang aku tahu, meski dengan keterbatasanku berbalut kekuranganku, aku menulis namamu di hatiku. Sejak awal dan takkan pernah terhapus sebagai saudara seimanku. Kemarin, hari ini ataupun nanti sampai ajal menjemput. Istiqomahlah bersamaku di jalan ini.

Karena kasih sayang Alloh, banyak orang baik yang mengingatkan kita manakala kita salah. Lain halnya dengan orang-orang yang menjadikan keburukan sebagai pilihan tabiat. Banyak orang yang tak lagi peduli untuk menegurnya. Jadi, jika masih ada yang bersedia menegur, berbahagialah.

Makna thoghut menurut Ibnu Taimiyah : sesuatu yang disembah selain Alloh. Dia tak marah maka dia thoghut. Dia ridho dengan penyembahan itu seperti Firaun yang ingin diibadahi.

Sebuah masalah hanyalah jarak antara harapan dan kenyataan. Sedikitlah berharap dan terima kenyataan atau berharaplah banyak dan ubahlah kenyataan.

Lakukanlah kebaikan agar engkau bahagia karena orang beriman itu bahagia dengan kebaikan dan bersedih dengan kemaksiatan yang ia lakukan.

Janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) di hari harta dan anak laki-laki tak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Alloh dengan hati yang bersih. (Asy Syu'ara:87-89)

Be who you are and say what you feel because those who mind, don't matter. And those who matter, don't mind. (Dr. Seuss)

Teman-teman akrab pada hari itu sebagian menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa. (Az Zukhruf:67)
Semoga Alloh menguatkan kita untuk menjadi manusia bertakwa agar kelak ukhuwah ini menjadi manis dan abadi hingga ke jannahNya. Amiin.

Dengan masuknya islam, timbullah 1 dunia baru di sekitar Laut Tengah yang tadinya berpusat di Roma sebagai sumber peradaban dan kebudayaan. Laut Tengah yang tadinya menjadi 'hoofkwartier' (markas besar) dari keagamaan dan peradaban barat, semenjak itu menjadi front di gelanggang perjuangan. Dengan keatangan islam, runtuhlah benteng yang knkoh itu. (Prof. Pirenne dalam cp1)

Category: Labels: | 0 Comments

0 comments to “Kumpulan Nasehat Teman 14”